Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

BANDA ACEH | AcehNews.Net – Minum kopi sudah menjadi hal yang biasa di kehidupan sehari-hari. Selain rasa dan aroma yang khas, manfaat kopi ternyata cukup beragam untuk kesehatan atau kecantikan.

 

Kopi mengandung beberapa bahan seperti dicaffeoylquinic Acid: merupakan salah satu antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Ethyphenol: berperan memberikan aroma khas pada kopi. Quinic Acid: berperan dalam memberikan rasa asam pada kopi.

 

Dimethyl Disulfide: zat ini banyak dijumpai saat biji kopi masih belum dikeringkan dan disangrai. Niacin: Senyawa ini sebenarnya kurang baik untuk tubuh karena bisa menyerap vitamin-vitamin dari dalam tubuh.

 

Maka dari itu, tidak dianjurkan minum kopi terlalu banyak. Acetylmethylcarbinol: zat yang memberikan rasa gurih pada lidah. Trigonelline: berfungsi untuk melindungi gigi.

 

Nah, kandungan ini saja sudah banyak manfaatnya. Beberapa manfaat kopi untuk kesehatan :

 

1. Terhindar risiko diabetes

Menurut teori, konsumsi kopi bisa menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2. Namun untuk benar-benar mendapatkan manfaat kopi ini, pastikan anda tidak terlalu banyak menggunakan gula saat minum kopi.

 

2. Menurunkan risiko penyakit alzheimer

Manfaat kopi lainnya yaitu bisa mencegah risiko penyakit alzheimer. Kandungan kafein di kopi ternyata bisa melindungi serta mencegah penyakit ini.

 

Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita usia 65 tahun ke atas yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap demensia.

 

3. Meningkatkan performa saat olahraga

Kafein yang ada pada kopi ternyata bisa meningkatkan performa saat olahraga. Kafein juga bisa melancarkan peredaran darah, kekuatan otot, kebugaran, kekuatan, dan mengurangi rasa nyeri. Sehingga kopi bisa membuat olahraga akan lebih efektif.

 

Mengutip dari laman alodokter.com, beberapa manfaat kopi untuk kulit dan wajah sebagai berikut:

 

1. Mencegah penuaan dini

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Paparan radikal bebas inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Selain itu, kopi juga memiliki andungan kafein yang bisa membuat kulit lebih kencang dan menghilangkan mata panda.

 

2. Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya yaitu bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kopi yang digunakan biasanya sudah dalam bentuk ekstrak bubuk untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun demikian, penggunaan kopi sebagai pelindung kulit harus tetap diimbangi dengan penggunaan tabir surya.

 

3. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit yang banyak dikeluhkan. Untuk mengatasi jerawat ternyata bisa dengan menggunakan kopi. Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang ada didalam kopi ternyata bisa membantu merawat kulit berjerawat.

 

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat kopi untuk kulit selanjutnya yaitu bisa mengangkat sel kulit mati. Butiran bubuk kopi inilah yang berperan penting dalam mengeluarkan kotoran yang menjumbat pori-pori kulit serta mendorong surkulasi darah di bawah kulit agar menjadi lebih lancar. Penggunaan masker kopi juga bisa menghilangkan minyak di wajah dan membuat wajah lebih segar.

 

Nah begitulah manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan, namun tetap pada batas wajar ya. (Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *