10 Ide Bisnis ini Layak Dicoba Saat Pandemi Covid-19

AcehNews. Net – Di era pandemi Covid-19, banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, di PHK, usaha yang dijalani ‘gulung tikar’ akibat daya beli masyarakat menurun, dan pendapat bisnis yang dijalankan berkurang akibat pembatasan jam buka usaha.

Tak sedikit pula pandemi bisa membawa berkah bagi masyarakat yang jeli melihat peluang bisnis. Bisnis yang bisa juga dilakukan di rumah dan berbagai ide bisnis di masa pandemi lainnya yang bisa meraup untung besar dengan modal kecil.

Ada berbagai ide bisnis di masa pandemi yang dapat dilakukan guna menambah pendapatan. Berikut ini 10 ide bisnis di masa pandemi yang dapat menjadi sumber pendapatan

1. Pet Food

Melansir BusinessTown, pemilik hewan peliharaan selalu menaruh perhatian terhadap kesejahteraan dan kesehatan hewan peliharaannya.

Membuka klinik hewan, tentu perlu pendidikan yang memadai sebagai dokter hewan, tetapi untuk berjualan pet food, semua orang boleh melakukannya.

Terlebih, pakan hewan peliharaan kini sudah banyak diproduksi dalam bentuk kering dan kemasan, sehingga penjual tidak perlu khawatir pakan akan basi jika masih ada stok berlebih.

2. Ritel Online

Bisnis ritel online ramai dilakukan masyarakat di era digital ini. Terlebih di tengah kondisi pandemi, ada banyak pusat perbelanjaan yang tutup. Peluang yang dapat dilakukan antara lain menjadi reseller atau dropshipper online.

Menurut laman Forbes, bisnis ritel online menjadi sektor yang bertahan cukup baik di tengah Pandemi Covid-19. Ada berbagai produk mulai dari kuliner, pakaian, dan aneka perabotan dapat menjadi pilihan konsumen.

3. Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan salah satu ide bisnis di masa pandemi yang terus mengalami kemajuan. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki hobi memasak dapat mulai membuka jasa katering harian, makanan frozen, hingga makanan sehari-hari yang dijual di rumah.

Bisnis kuliner cukup banyak diminati lantaran tidak semua orang bisa dan mau memasak sendiri di rumah. Cara mempromosikan bisnis kuliner sekarang terbilang mudah. Cukup dengan mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

4. Tutor Fitness Online

Di tengah pandemi Covid-19, kondisi kesehatan menjadi hal yang paling diperhatikan. Hal ini turut membuka peluang bagi mereka yang gemar berolahraga untuk membuka jasa seperti menjadi tutor fitness.

Terlebih lagi, fasilitas penunjang kesehatan seperti tempat gym dan kolam renang banyak yang tutup di tengah pandemi. Tak perlu keluar dari rumah, kamu bisa menjadi tutor fitness online, maupun konsultan kebugaran.

5. Tutor Bimbel

Masa pandemi membawa banyak perubahan termasuk sekolah dari rumah. Tak ayal, banyak orangtua yang memerlukan jasa tutor bimbingan belajar (bimbel).

Terlebih bagi orangtua yang memiliki kesulitan mengerti pelajaran dan menyelesaikan pekerjaan rumah anaknya. Tutor bimbel dapat melakukan kunjungan langsung ke rumah dengan tetap menerapakan protokol kesehatan maupun secara daring.

6. Budidaya Tanaman dan Ikan Hias

Berada di rumah saat pandemi membuat tak sedikit orang merasa bosan. Tak heran bila ada banyak orang mencari kesibukan termasuk dengan melakukan hobinya.

Masyarakat kini cenderung hobi menananm tanaman hias dan memelihara ikan cupang. Kesempatan ini dapat dijadikan peluang bisnis berjualan tanaman dan ikan hias.

7. Jual Masker Kain dan Masker Kesehatan

Walaupun ada desas desus masker nantinya harus memiliki standarnya tapi bisnis masker kain dan masker kesehatan masih berpontensi untuk membuka peluang usaha yang cukup luas.

Karena di tengah masa pademi seperti ini, siapa sih yang tidak membutuhkan masker. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga lanjut usia semua membutuhkannya.

Selain masker kain yang bisa dibisniskan, masker kesehatan juga bisa dijadikan usaha di masa pandemi ini. Anda bisa menjualnya per pack atau kemasan hemat, isi tiga atau lima pcs. Bisa juga menjual per kotak secara online atau menitip di kios-kios atau mini market.

8. Hand Sanitizer

Menjaga kebersihan menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan di tengah pandemi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinvest) dalam laman resmi covid19.co.id, masyarakat wajib mematuhi 3M dan 3T. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta tracing, testing, dan treatment.

Hal ini wajib dilakukan demi menekan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut tentu membuka peluang baru yakni menjual hand sanitizer.

Namun, dalam melakukan bisnis ini perlu diperhatikan soal ketelitian dan kehigienisan. Selain itu, perlu diperhatikan imbuan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang formulasi alkohol khusus untuk membuat hand sanitizer melalui laman resminya.

9. YouTuber dan Influencer

Selain berbagai ide bisnis di masa pandemi tersebut, Youtuber dan Influencer menjadi jenis pekerjaan lain yang ramai di tengah Pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang memerlukan hiburan di tengah rutinitasnya di rumah.

Kamu bisa mulai aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers untuk menjadi influencer maupun YouTuber. Berbagai konten dapat dibuat seperti mengcover lagu, berbagi tips dan informasi, membagi resep masakan, atau pun hal menghibur lain yang positif.

10. Camilan Makanan Ringan

Masa pandemi haruskan kita lebih banyak di rumah. Saat di rumah, sambil bekerja dan nonton televis tentu dibutuhkan camilan ringan. Nah, makanan ringan homemade laku dijual via online dan bisa mengunakan jasa pengantar ojek online atau jasa pengiriman kilat.

Penjualan makanan ringan pun sangat praktis dan terbilang cepat dalam pembuatannya tentunya bisa dijual secara online. Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk froaen food sehingga lebih praktis saat akan dikirimkan kepada konsumen. Dan perlu diperhatikan juga kemasan dan jenis makanan, sehingga lebih aman di kirim ke seluruh daerah di Indonesia.

Bekerja dari rumah merupakan salah satu hal tidak terbayangkan yang akhirnya menjadi kenyataan, sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19. Nah, mengapa tidak memilih saat di rumah untuk memulai bisnis guna menambah pemasukan di tengah situasi pandemi Covid-19.
(Saniah LS/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *