Tim Indonesia Raih Berbagai Juara di Kejuaraan MERC Australia

AcehNews.net | PERTH, AUSTRALIA – Kompetisi Mining Emergency Response Competition (MERC) yang berlangsung di Taman Langley, Kota Perth, dari 24 hingga 26 November 2023, Tim INA Garuda Mine Rescue berhasil mencatatkan prestasi cemerlang untuk Indonesia. Tim Indonesia INA GMR meraih empat piala penghargaan dalam The 13th Mining Emergency Response Competition (MERC).

Sebagaimana yang dikutip AcehNews.net di website minerba.esdm.go.id, pada 29 November 2023, penghargaan yang diperoleh adalah dua piala Juara Pertama (kategori Team Spirit Award dan Vertical Rescue Scenario), satu piala Juara Kedua (Hazmat (Hazardous Materials) Scenario), dan satu piala Juara Ketiga (Fire Fighting and Breathing Apparatus Skills).

Prestasi Indonesai cukup membanggakan, mengingat dalam sejarah Kompetisi Tanggap Darurat Pertambangan yang diselenggarakan MERC, ini merupakan kali pertama peserta internasional di luar Australia, yang berhasil mendapatkan kemenangan hingga empat penghargaan.

Sementara itu, pada pertemuan di Aula KJRI Perth pada 27 November, Konjen RI Perth menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi tim dalam kejuaraan bergensi keamanan tambang yang telah diselenggarakan selama 14 tahun di Perth dan diikuti oleh sejumlah tim perwakilan perusahaan besar negara-negara maju seperti Rio Tinto, BHP, Newmont dan Regis Resources.

Kejuaraan MERC Tahun 2023 merupakan debut partisipasi Tim INA Garuda Mine Rescue, dengan anggota timnya yang sebagian besar berasal dari Perhimpunan Profesi Penyelamat di Bidang Pertambangan dan Energi Indonesia (PERTAPINDO).

Ketua Tim mengatakan, kebanggaannya atas pencapaian ini, mengungkapkan rasa bangga dalam mengharumkan nama Indonesia dan mempromosikan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di bidang keselamatan dan tanggap darurat.

Tim INA GMR terdiri dari Tim Tanggap Darurat PT. Putra Perkasa Abadi, sedangkan Perhimpunan Tanggap Darurat di Bidang Pertambangan dan Energi Indonesia (PERTAPINDO) bertindak sebagai Ketua, Manager dan Pelatih Tim INA GMR. Tim Tanggap Darurat PT Putra Perkasa Abadi merupakan Juara Umum pada ajang 20th Indonesian Fire Resvue Challeng (IFRC) ke-20, yang di selenggarakan pada 1 sampai 12 September 2023 di Kalimantan Selatan.

Tim INA GMR bertolak ke Australia pada 18 November 2023 dan menambah porsi latihan pada 20 hingga 22 November 2023. Sebelum bertolak ke Australia, Plt. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Suswantono didampingi Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara/Kepala Inspektur Tambang, Sunindyo Suryo Herdadi memberikan pengarahan kepada tim. Bambang menekankan, akan pentingnya membangun kekompakan saat menghadapi lawan yang kuat.

“Kalian adalah perwakilan tim penyelamat Indonesia, jangan meremehkan lawan dan persiapkan diri untuk memberikan yang terbaik,” pesan Bambang Suswanto.

MERC adalah acara nirlaba yang memberikan pelatihan penyelamatan darurat kelas dunia dan peluang pengembangan keterampilan bagi tim sukarelawan penyelamat ranjau. Kompetisi menampilkan simulasi tekanan situasi darurat dalam kehidupan nyata, menguji kemampuan individu dan tim untuk bekerja sesuai tengat waktu dalam scenario yang terstruktur dengan baik, aman, serta dirancang untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama tim penyelamat.

Kompetisi ini diikuti oleh 15 tim tanggap darurat dari berbagai perusahaan tambang di dunia. Ada tujuh kategori lomba, yakni Confined Space Scenario, ERT (Emergency Response Team) Readiness Scenario, First Aid Scenario, Hazmat (Hazardous Materials) Scenario, Road Crash Rescue Scenario, Fire Fighting and Breathing Apparatus Skills, serta Vertical Rescue Scenario.

Acara tahunan ini diinisiasi oleh tiga pendiri, yakni Paull & Warner Resources, Red Earth Helath Solutions dan Breight Group. Selain diikuti sekitar 150 relawan industri, acara ini juga disaksikan lebih dari 4.000 penonton. (San/Kemenlu RI/Ditjen Minerba ESDM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *