Vihara Tua Pekong Seruway Berusia 100 Tahun  

KUALA SIMPANG – Di Kecamatan Seruway, kabupaten Aceh Tamiang terdapat sebuah bangunan vihara yang sudah berusia 100 tahun  lebih. Vihara Tua Pekong yang berada  di bawah naungan Yayasan Vihara Dharma Budha ini, berdiri pada tahun 1911 silam. Dan saat ini merupakan salah satu vihara bersejarah yang ada di kawasan Aceh Tamiang dan Aceh Timur .

Lonceng tua bersejarah di Vihara Tua Pekong Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang|Viona Sekar Bayu

Lonceng tua bersejarah di Vihara Tua Pekong Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang|Viona Sekar Bayu

Penjelasan sejarah keberadaan lonceng tua di Vihara Tua Pekong Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang|Viona Sekar Bayu

Penjelasan sejarah keberadaan lonceng tua di Vihara Tua Pekong Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang|Viona Sekar Bayu

Menurut  warga Tionghoa yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, Vihara ini dikenal sebagai vihara pembawa rejeki. Dan di saat masa tahun baru imlek, Vihara Tua Pekong menjadi salah satu vihara yang dikunjungi untuk sembahyang  bagi warga Tionghoa yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Masyarakat Tionghoa yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang saat ini jumlahnya juga tidak banyak, hanya sekitar 500 kepala keluarga saja, atau sekitar 5 persen dari jumlah penduduk yang di Kabupaten Aceh Tamiang.

Di dalam vihara masih terdapat sejumlah barang peninggalan zaman dahulu, seperti lonceng raksasa,  dan beberapa patung dewa. Juga masih terpajang sejumlah foto-foto bagunan awal vihara berdiri.Meski sudah mengalami renovasi,  namun bangunan gedung wihara lama tidaklah hilang.

Kabupaten Aceh Tamiang merupakan bagian dari Provinsi Aceh yang penduduknya muslim. Meski merupakan daerah syariat Islam, tidak menghalangi  umat lainnya untuk melakukan sembahyang menurut kepercayaan mereka.

Bahkan keberadaan Vihara Tua Pekong Seruway merupakan tanda keterbukaan masyarakat setempat dan simbol keharmonisan hubungan sosial masyarakat  di Kabupaten Aceh Tamiang. (vio)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *