Wali Nanggroe Dukung Masyarakat Ekonomi Syariah

AcehNews.net|BANDA ACEH – Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al-Haytar mendukung keberadaan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai salah satu wadah untuk pelaksanaan syariat Islam khususnya dalam bidang perekonomian.

Malik Mahmud AL-Haytar menyampaikan dukungannya itu pada pertemuan dengan Pengurus MES Aceh di Sekretariat Wali Nanggroe, Senin (11/01/2016).Dia juga berharap dengan kehadiran Masyarakat Ekonomi Syariah bisa mengembalikan kejayaan Aceh pada bidang ekonomi kedepan.

“Keadaan ekonomi Aceh saat ini masih tidak menentu, meskipun Aceh telah berhasil mencapai surplus beras namun keadaan petani Aceh hingga kini masih miskin, beitu juga dengan keadaan nelayan,”sebutnya.

Untuk itu, WN berharap agar faktor-faktor penghambat perekonomian Aceh agar segera diperbaiki, pasalnya Aceh pernah merasakan kejayaan di bidang ekonomi pada era tahun 1970-an, dimana banyak barang dari Aceh yang diekspor keluar negeri salah satunya adalah lada.

Apalagi, tambah WN, di Aceh punya tiga pelabuhan Besar seperti Sabang, Krueng Raya, dan Krueng Gukuh, akan tetapi tidak ada kapal yang singgah dipelabuhan tersebut, padahal setiap harinya ratusan kapal melintasi Malaka.

”Lihat seperti gabah kita, ratusan truk dibawa ke Medan, dibayar dengan harga di sana, sampai di Medan diolah dikirim lagi ke Aceh,”ujar Malik Mahmud Al-Haytar.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Aminullah Usman menyebutkan, pihaknya siap mendukung pemerintah Aceh untuk menerapkan sistem ekonomi syariah.

Apalagi, kata Aminullah, di Aceh sudah terlaksana syariat Islam sebagai pondasi sejak tahun 2002 silam, namun demikian menurutnya lembaga-lembaga keuangan syariah dirasakan masih sangat kurang, seperti perbankan, asuransi, pegadaian bahkan koperasi syariah.

Aminullah mengapresiasi langkah pemerintah Aceh mempercepat konversi PT. Bank Aceh kepada PT. Bank Aceh Syariah yang diperkirakan tuntas pada Agustus 2016 mendatang.

Dia menyebutkan, keberadaan MES sangat penting untuk mendorong terwujudnya sistem ekonomi syariah di Aceh, karena syariat Islam harus menyentuh semua aspek, terutama dalam bidang perekonomian.

Pengurus MES Aceh akan dilantik pada 19 Januari 2016 mendatang oleh Ketua MES Pusat Muliaman Hadat di Asrama haji Banda Aceh. Wali Nanggroe diberikan kepercayaan sebagai penasehat pada pengurus MES Aceh yang akan dilantik pada 19 Januari 2016 mendatang. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *