Tips Hemat dan Tidak Ribet, Traveling ke Kota Sabang

AcehNews.net – Keindahan bahari di Kota Sabang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan spot Kilometer Nol, snorkling dan diving di Pulau Rubiah. Ikut lumba-lumba trip, ke Gua Sarang, dan ber-selfie ria di Fredies Sumur 3 sambil icip-icip makanan di restorannya.

Nah, jika kamu ingin berwisata ke Kota Sabang bareng teman atau keluarga selama dua malam tiga hari dengan hemat biaya dan ngga ribet Acehnews.net akan memberikan tipsnya untuk kamu.

Kruengraya Hil-Sabang. | Ipol

Ohya, sebelum berangkat menuju ke Kota Sabang-Aceh, kamu perlu merencanakan spot mana yang akan dikunjungi dan tentunya juga memilih kendaraan apa yang akan digunakan selama berada di ‘surganya’ bahari di Pulau Sumatera.

Menggunakan Transportasi Umum atau Rental Kendaraan?

Nah, jika kamu sudah merencanakan waktu berwisata bersama keluarga, kerabat, atau teman, selama dua hari tiga malam di hari libur, AcehNews.net menyarankan, baiknya kamu naik kendaraan umum atau rental mobil. Ini tidak saja menghemat waktumu karena harus antri berjam-jam, lagian biaya angkut mobil sama besarnya dengan biaya rental mobil.

Tetapi, jika sudah terlanjur bawa kendaraan pribadi, kamu bisa kok menitipkan kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, dijamin aman, biayanya juga ngga mahal amat.

Waduk Paya Seunara-Sabang. | Ipol

Biaya Rental Mobil Di Sabang

– Fortuner dengan biaya Rp 1,5 juta/hari (sudah termasuk BBM+ driver).
– Inova reborn Rp 700 ribu/hari (include BBM + driver), dan lepas kunci Rp 400 ribu/hari.
-Inova biasa Rp 600 ribu/hari (include BBM + driver), dan lepas kunci Rp 300 ribu/h).
– Avanza Rp 500 ribu/hari (include BBM+ driver), dan lepas kunci Rp 250 ribu/hari.

Setelah memilih akodomasi kendaraan yang akan digunakan selama berada di sana, maka kamu dapat memilih tiket berlayar dari pelabuhan Ulee Lheue menuju pelabuhan Balohan dengan pilihan fasilitas sebagai berikut:

Biaya Tiket Kapal Menuju Sabang

– Kapal lambat: Rp29 ribu/orang
– Kapal cepat VIP: Rp100 ribu/orang
– Kapal cepat Eksekutif: Rp80 ribu/orang
– Jika membawa sepeda motor pribadi: Rp35 ribu/kendaraan
– Jika membawa mobil pribadi: Rp240 ribu/orang

Memilih Penginapan

Kamar penginapan di Pole Homestay Jaboi. | Ipol

Untuk penginapan baiknya jauh-jauh hari sudah dipesan yaa. Sebab kamu belum tahu kondisi pada saat kamu ke sana, eh tau-taunya kamar pada penuh (biasanya gitu sih saat libur nasional).

Di Kota Sabang, kamu bisa mendapatkan penginapan yang bersih dan nyaman dengan rate harga mulai dari Rp100 ribu hingga Rp 4500 ribu per malam baik di area Iboih, Jaboi, maupun di kawasan Sumur 3. So kamu perlu cari informasi di Google, penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tujuan destinasi wisata yang sudah direncanakan.

Beberapa Spot Rekomendeed

Nah, setelah memilih jenis transportasi dan lokasi penginapan apa yang akan digunakan, maka kamu dapat memilih spot wisata yang akan dikunjungi :

1. Kilometer Nol
Monumen Kilometer Nol yang berada di Desa Iboih, Kota Sabang. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mencari parkir atau kuliner. Sebab, Monumen Kilometer Nol memiliki fasilitas yang memadai.

Di sekitar monumen, wisatawan bisa menemukan tempat parkir, toilet umum, dan musala. Wisatawan juga dapat membeli suvenir serta menikmati kuliner khas Aceh yang dijual oleh pedagang di sekitar monumen.

2. Snorkling dan diving di Pulau Rubiah
Pulau Rubiah yang berada di seberang Pantai Iboih. Di perairan sekitar pulau ini banyak dijumpai situs snorkeling dan scuba diving, juga ada situs makam sejarah, sertav ada tempat kulinernya lho.

Wisatawan menuju Pulau Rubiah.| Ipol

Menyeberang ke pulau ini pun tak butuh waktu lama, hanya sekitar 20 menit naik perahu motor dari Pulau Weh. Tergantung paket wisata yang dipilih, kamu bisa membayar harga kapal dan sudah termasuk biaya sewa perlengkapan snorkeling dan kamera underwater.

Dengan biaya sekitar Rp200 ribu untuk sewa kapal, Rp50 ribu per orang untuk sewa perlengkapan snorkeling yang sudah termasuk jaket pelampung, dan Rp100 ribu untuk sewa kamera underwater.

3. Lumba-lumba Trip
Kamu bis amelihat atraksi unik yang ditampilkan oleh lumba-lumba. Atraksi yang luar biasa ini akan memberikan pengalaman yang mengesankan selama anda berlibur ke Sabang.

Untuk tarif yang ditawarkan bervariasi, antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu per orang, sesuai boat yang digunakan, dengan fasilitas rental boat, snorkling trip, dolpin trip serta guide selama sehari penuh.

4. Gua Sarang
Destinasi Wisata Gua Sarang adalah salah pilihan spot wisata eksotis yang ditawarkan.

Gua Sarang -Sabang. | Nay

Lokasinya masih di sekitaran Gampong Iboih. Ada tujuh mulut gua yang menjadi tempat bersarangnya burung walet dan kalong. Biaya retribusi masuk untuk melihat panorama alam dan gua hanya Rp5 ribu per orang.

Aktivitas yang asyik, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menyaksikan matahari terbit. Dari situ, pengunjung bisa menyewa kapal boat Rp200 ribu untuk melihat ke tujuh mulut gua yang menjadi rumah bagi para burung walet dan kalong.

Uang sewa tersebut bisa dibagi rata di antara para wisatawan karena perahu bermotor itu mampu memuat maksimal 11 orang penumpang.

5. Fredies Santai Sumurtiga

Pasalnya, ini juga termasuk sebagai salah satu penginapan romantis yang ada di Kota Sabang. Penginapan ini menawarkan panorama Pantai Sumur 3 yang sangat indah dan dininabobokan dengan suara alam, deburan ombak.

Penginapan Fredi Sumur 3-Sabang. | Ipol

Adapun fasilitas yang bisa kamu nikmati kala menginap di sini adalah room service, internet kamar, restoran, bar, dan fasilitas untuk anak-anak. Freddies Santai Sumurtiga berlokasi Jalan Bahagia, Sabang, Pulau Weh, Aceh.

6. Wisata Gunung Berapi Jabboi
Pemandangan di kawasan Gunung Jaboi kamu dapat melihat panorama dengan bebatuan berwarna putih yang membuat seluruh latar kawasan pegunungan ini putih.

Gunung berapi Jaboi ini terletak di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajayaa atau Km dari Kota Sabang.

Gunung Jaboi ini saat ini tidak dalam status yang berbahaya. Wisatawan pun dapat berkunjung dengan aman Meski hanya memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung berapi ini memiliki jalur pendakian yang cukup menantang.

7. Nikmati Air Terjun Paya Seunara

Selain spot bahari, kami juga bisa sempat mengunjungi air terjun Paya Seunara, dengan view hutan tropis yg adem dan nyaman, makan siang di kawasan wisata Danau Putro Ijo, sambil mancing di kerambanya atau ber cano dari hotel de hawk menuju ke pulau klah, aman kok, soalnya lautnya paling tenang sedunia, dan kamu juga bisa ngunjungin keramba-keramba ikan di sana, kalau beruntung bisa lihat anak-anak hiu black tip yg berada di keramba.

Air Terjun Paya Seunara-Sabang. | Ipol

Jelasnya ke Sabang itu ngak pakek mahal dan ribet kan. Walau bawa rombongan keluarga, tinggal diatur aja mau nyamanya berwisatanya dengan biaya yang lebih minim atau gimana baiknya.

Pastinya Sabang itu, “Santai Banget”. Yuk rencanakan liburanmu ke Sabang. (Ipol & Nay/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *