Seretak di 30 Provinsi, Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas II/A Banda Aceh Mendapatkan Pelayanan dan Penyuluhan Kesehatan

Warga binaan Lapas Kelas II/A Banda Aceh sedang memeriksa kesehatan. | Humas BKKBN Aceh

BANDA ACEH | AcehNews.net – Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II/A Banda Aceh mendapatkan pelayanan kesehatan, penyuluhan agama, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan vaksinasi Covid-19 gratis. Lapas Kelas II/A Banda Aceh yang berlokasi di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar ini, salah satu dari 47 Lapas/Rutan di 30 provinsi di Indonesia yang terpilih menjadi tempat digelarnya Bhakti Sosial Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan serentak yang digelar pada Sabtu, (5/2/2022), berkolaborasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Perawatan (FK KMK) Universitas Gadjah Mada, Kemenkumham, Asosiasi RS TNI-POLRI, YHKI, Koseindo, dan komponen masyarakat lainnya dengan mengusung tema “Berkolaborasi untuk Mengabdi dengan Hati”.

Kegiatan diawali dengan zoom yang berpusat penyelenggaraannya di Papua, turut dihadiri para petinggi masing-masing kementerian dan lembaga. Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo, secara virtual ikut memberi kata sambutan. Hasto berharap kegiatan yang mendapatkan Rekor MURI di 47 titik ini dapat memberi manfaat bagi warga binaan dan bisa dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi, kata Hasto, telah akan dilakukan penandatanganan MoU untuk mempererat lagi kerjasama.

“Kegiatan hari ini sangat menginspirasi kami, apalagi kami, BKKBN, diberi mandat untuk mengentaskan stunting di tanah air. Semoga nantinya kami bisa mengajak semua lembaga/intansi yang terlibat hari ini dapat bekerjasama membantu kami mempercepat penurunan stunting di Indonesia sebagaimana harapan dari Bapak Presiden Jokowi, yaitu pada 2024 bisa turun 14 persen. Kepada warga binaan, dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, keluar dari sini dapat menjadi warga yang baik,” ucap Hasto.

Sementara itu, Direktur Rumkit Tk. II IM Banda Aceh, Kolonel CKM. dr. M. Nasir Tarigan dan Ka. Lapas Kelas IIA Banda Aceh, Said Mahdar,ikut berkesempatan melaporkan secara langsung melalui virtual zoom dari Lapas Kelas IIA Banda Aceh,, bagaimana pelaksanaan Baksos Pengabdian Masyarakat dilaksanakan. Kegiatan Baksos, meliputi Pengobatan Massal, Vaksinasi Covid-19 dan Penyuluhan Agama dan Kesehatan bagi warga binaan Lapas Kelas IIA Banda Aceh.

Said Mahdar berharap kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan dimana dalam undang-undang pemasyarakatan tertulis mengutamakan kesehatan warga binaannya.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada stakeholder yang terlibat semoga kedepan kita bisa berkolaborasi kembali dalam memberikan pengabdian masyarakat ini.” ujar Said Mahdar.

Penyuluhan Agama dan Kesehatan bertempat di Masjid Miftahul Jannah diikuti lebih kurang 200 warga binaan, sedangkan untuk Pengobatan Massal berpusat di Aula Ace Hendarmin, diikuti lebih kurang 100 warga binaan dan vaksinasi covid-19 diikuti oleh 25 warga binaan.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian Plakat Pengabdian Masyarakat Serentak kepada Lapas Kelas IIA Banda Aceh, dan pihak Lapas memberikan sertifikat atas partisipasi sebagai panitia kepada stakeholder yang terlibat dalam pengabdian masyarakat. Turut hadir perwakilan dari Kanwil Kemenkumham Aceh dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Azhari. (Desi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *