Sepeda Motor Pintar Kodim Abdya Diserbu Pelajar

Aceh Barat Daya – Baru-baru ini Komando Distrik Militer (Kodim) 0110/Aceh Barat Daya meluncurkan sepeda motor pintar, yang ternyata sangat diminati di kalangan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan serta masyarakat setempat.

Jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya mengajak masyarkat untuk dapat terus meningkatkan minat baca. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono, Jumat (13/3/2015).

“Dengan adanya sepeda motor pintar, seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan minat baca, baik itu para orang tua, pemuda maupun anak-anak sekolah, dalam rangkaian fasilitasi belajar di luar sekolah bagi anak-anak, memberikan informasi ilmu pengetahuan, seni, dan budaya sesuai perkembangan anak,” ujar Letkol Inf Suhartono.

Menurutnya, program tersebut telah berjalan dengan maksimal, bahkan minat masyarakat untuk membaca terlihat jelas dengan adanya sepeda motor dimaksud. Dengan demikian, dipastikan akan mampu melahirkan generasi bangsa yang memiliki wawasan dan kecerdasan tinggi di wilayah pedesaan yang ada di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Sejak dua bulan ini, anggota Babinsa yang tersebar di seluruh Koramil dibawah jajaran Kodim 0110/ Aceh Barat Daya  sudah menjalankan program Sepeda Motor Pintar ini, dan hasilnya sangat memuaskan, sebab banyak pembaca dari kalangan masyarakat berbagai jenjang usia menyukai program ini,”sebutnya.

Lanjutnya, sepeda motor pintar itu dilengkapi dengan buku-buku bacaan seperti buku pengetahuan agama, pertanian, perikanan, perkebunan, sosial dan buku-buku lainya agar dapat dinikmati dan dibaca seluruh kalangan masyarakat.

“Buku-buku tersebut kita pinjam dari Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya, dinas-dinas terkait bukan hanya untuk dipertontonkan, tetapi kita juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meminjam, maupun hanya membaca sesaat dan telah menunjukkan hasil yang memuaskan,” terangnya.

Kepada seluruh masyarakat ia berharap, agar dapat memanfaatkan program Sepeda Motor Pintar dengan semaksimal mungkin, sehingga ilmu pengetahuan dari berbagai sendi kehidupan dapat diserap dari buku-buku yang disajikan dari sepeda motor pintar tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat Daya, Yusnaidi M.Pd, mengakui tentang maksimalnya program Sepeda Motor Pintar. Pihaknya berharap banyak terhadap program dimaksud yang dibawa oleh para Babinsa ke pendesaan dan sekolah, karena dapat membudayakan minat baca sekaligus menambah wawasan bagi masyarakat yang berada di desa binaan masing-masing anggota.

Sepeda Motor Pintar Kodim 0110/Aceh Barat Daya setiap harinya bergerak ke seluruh pelosok sehingga menjangkau masyarakat sampai ke pelosok pedesaan yang tidak terjangkau oleh perpustakaan keliling Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Kita tentunya sangat mengapresiasi dan mendukung program TNI ini, semoga dapat terus berkelanjutan,” tandasnya. (nasruddin oos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *