Sebanyak 47 ASN Aceh Tengah Terima Satya Lancana Karya Satya  

AcehNews.net|TAKENGON – Sebanyak 47 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Aceh Tengah menerima penghargaan Satya Lancana Karya Satya, Senin (11/01/2015) dalam satu apel gabungan di Setdakab setempat.

Penyerahan penghargaan ditandai dengan penyematan bagi perwakilan ASN oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin disela bertindak menjadi pembina apel gabungan.

Penghargaan Satya Lancana Karya Satya diberikan bagi ASN yang telah mengabdi selama kurun waktu 10 Tahun, 20 tahun, dan 30 tahun dengan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan.

“Materi yang mengiringi penghargaan mungkin tidak seberapa, tapi ini menyangkut moralitas dan kepuasan atas kinerja yang dilakukan selama ini dihargai dan mendapat pengakuan dari Negara,” kata Nasaruddin.

Dia menambahkan, penyerahan Satya Lancana selain merupakan penghargaan atas jasa-jasa ASN, juga menjadi pendorong untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja, sehingga dapat dijadikan teladan bagi ASN lain

“ASN yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya harus senantiasa menjadi contoh dan teladan sebagai wujud makna dari penghargaan yang diterima,”kata Nasaruddin.

Kepala BKPP Aceh Tengah, Irlina Aida merinci 47 ASN yang mendapat penghargaan diantaranya 20 pegawai masa kerja 30 tahun, kemudian 20 pegawai masa kerja 20 tahun, dan 7 pegawai masa kerja 10 tahun.

“Pemberian Satya Lancana sudah mendapat pertimbangan yang matang sesuai dengan kiprah ASN selama ini,” kata Irlina usai pelaksanaan apel.

Ditambahkannya, penghargaan tersebut tidak serta merta diserahkan walaupun seorang ASN sudah memiliki masa kerja yang cukup, melainkan berdasar penilaian kinerja yang ditunjukkan.

“Jadi tidak serta merta, apalagi diminta sebelumnya, penghargaan Satya Lancana merupakan penghargaan negara bagi ASN yang dinilai layak untuk menerimanya,” demikian kata Irlina.

Penghargaan Satya Lancana memiliki syarat minimal masa kerja 10 Tahun, 20 tahun dan 30 tahun, namun menurut Nasaruddin sebenarnya bukan hanya soal lama bertugas, tapi yang lebih penting dedikasi, prestasi dan tanggung jawab kepada negara melalui tugas dan pengabdian yang ditunjukkan. (emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *