Prokes dan Vaksinasi Cara Efektif Cegah Covid-19

BANDA ACEH | AcehNews. Net — Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, menegaskan, penelitian tentang virus corona terus dilakukan pemerintah, tetapi protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan cara efektif mencegah Covid-19.

“Protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 merupakan cara paling efektif mencegah penularan virus corona dan menghindari Covid-19,” tegas SAG kepada AcehNews. net, Jum’at (25/6/2021) di Banda Aceh.

Selanjutnya ia menjelaskan, tren peningkatan pemakaian masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan di Aceh sudah relatif baik, namun soal kedisiplinan dan konsistensi masih harus diperbaiki.

“Ada banyak orang memakai masker namun tidak menutupi mulut dan hidungnya secara sempurna. Bahkan tak jarang orang melorotkan maskernya ke dagu. Pakailah masker sebagai gaya hidup sehat di masa pandemi ini,” ajak SAG.

Terkait menjaga jarak dan menghindari kerumunan, SAG mengatakan, jarak antarpersonal tampaknya juga kian baik. Kata dia, orang spontan bergeser dan memberi jarak tertentu kepada seseorang yang akan bergabung bersamanya. Tetapi, lanjutnya, jarak yang diberikan masih relatif, tergantung luas ruang yang tersedia.

“Meski belum sempurna, namun kesadaran akan protokol kesehatan terus meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, gebyar vaksinasi Covid-19 di pelbagai lokasi di provinsi dan kabupaten/kota di Aceh dari amatan AcehNews. Net, terus berlangsung hingga Jum’at hari ini, sehingga ada akselerasi peningkatan progres cakupan.

vaksinasi Meningkat
Jumlah tenaga Kesehatan yang telah divaksinasi dosis I dengan vaksin CoronaVak (Sinovac), sebut SAG, sudah mencapai 50.183 orang, atau 88,9 persen dari target sebanyak 56.470 orang di Aceh.

“Tenaga kesehatan yang telah vaksinasi dosis II sebanyak 44.024 orang, atau 78,0 persen,” sebut SAG.

Masih sebutnya, pada kelompok petugas pelayanan publik, sebanyak 249.727 orang telah vaksinasi dosis I, atau sekitar 52,2 persen dari sasaran sebanyak 478.489 orang. Sedangkan yang telah vaksinasi dosis II sebanyak 70.126 orang, atau 14,7 persen.

Ketika ditanya AcehNews. Net terkait jumlah lanjut usia (Lansia), SAG menjawab, bahwa jumlah Lansia sebanyak 8.864 orang telah mendapatkan vaksiansi dosis I, atau sekitar 2,0 persen dari sasaran sebanyak 435.651 orang. Sedangkan Lansia yang telah mendapat, jawabnya, vaksinasi dosis II sebanyak 2.392 orang, atau 0,5 persen.

“Masyarakat tidak perlu ragu untuk vaksinasi Covid-19. Keamanan dan efektifitas vaksinnya terjamin Badan POM, dan vaksin Sinovac juga dinyatakan suci dan halal oleh MUI dan MPU Aceh,” demikian jelas SAG.

Lebih lanjut SAG melaporkan kasus akumulatif Covid-19 di Aceh, per 25 Juni 2021, telah mencapai 18.766 orang. Para penyintas Covid-19, (penderita yang sembuh) sebanyak  14.260 orang. Pasien yang sedang dirawat 3.704 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 762 orang. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *