PKK Aceh Tengah Lakukan Monitoring dan Evaluasi Program di Kecamatan

TAKENGON | AcehNews. Net – Ketua TP-PKK Aceh Tengah, Puan Ratna Menghadiri Acara Monitoring Evaluasi (Monev) Pembinaan dan Penilaian 10 Program Pokok PKK Kampung Kuala II dan Kampung Wakil Jalil Kecamatan Bintang. Serta Kampung Binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Kampung Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Sabtu (15/2/2020).

Kunjungan itu dilakukan untuk memperkuat kinerja TP-PKK di tingkat kampung dalam wilayah kedua kecamatan tersebut, serta melakukan pembinaan dan penilaian terhadap program pokok PKK Aceh Tengah.

Menurut Puan Ratna, Program PKK di Kampung ini bukanlah hal yang baru karena sebelumnya sudah pernah di laksanakan, hanya saja namanya Gammawar (Gampong Mawaddah Warahmah).

Lebih lanjut, Ia mengatakan penilaian TP-PKK di tingkat kampung tersebut harus memenuhi kriteria yang ditentukan, seperti efektifitas dalam mengelola sistem administrasi lembaga PKK dalam mejalankan programnya dan tingkat keberhasilannya.

“Monitoring Evaluasi Pembinaan dan Penilaian 10 Program Pokok PKK di tiga Kampung tersebut merupakan salah satu program TP-PKK Kabupaten dalam rangka memberikan penilaian sejauh apa efektivitas peran PKK Kecamatan dalam membina PKK kampung,” jelasnya.

Program yang direncanakan sejak awal telah dilaksanakan dengan baik oleh masing-masing PKK Kampung binaan, namun kata Puan Ratna, dalam pengadministrasian terkadang tidak dilaksanakan dengan baik, sehingga menjadi kendala untuk mengukur capaian program yang telah dilaksanakan selama ini.

“Masih ada kelemahan dalam melakukan administrasi kegiatan. Padahal ini menjadi acuan untuk melakukan evaluasi program yang telah dilaksanakan, untuk itu PKK Kabupaten telah melaksanakan pembinaan secara rutin, disamping melakukan pembinaan juga dilaksanakan evaluasi terkait dengan pelaksanaan program melalui evaluasi administrasi” kata Puan Ratna.

Selanjutnya, Puan Ratna mengatakan, kelompok Dasawisma memperkuat kinerja PKK, supaya lebih maksimal dengan tujuan agar memperkuat kelembagaan dan memastikan bahwa program berjalan benar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah, membagi wilayah kelompok kerja (Pokja) menjadi empat kelompok. Pokja 1: terkait bidang keagamaan, hukum, anak dan remaja, KB, pola asuh anak, Lansia dan kesejahteraan. Pokja 2: pendidikan, keterampilan, perpustakaan dan koperasi. Pokja 3: pemanfaatan pekarangan, gizi, industri dan sanitasi. Dan Pokja 4: kesehatan, posyandu, dan pola hidup sehat. (Emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *