Persawahan Warga Celala Masih Terkendala Irigasi  

TAKENGON|AcehNews.net – Areal persawahan warga Kecamatan Celala saat ini masih saja terkendala dengan ketersediaan saluran irigasi yang refresentatif dan permanen.

Kendala belum membaiknya irigasi sempat disampaikan oleh Camat Celala, Masrizal Edy, rabu (24/6) lalu kepada Bupati Aceh Tengah Ir. H. Nasaruddin, MM ketika melakukan kunjungan safari Ramadhan di kecamatan tersebut.

Menanggapi permasalahan ini, Nasaruddin mengakui irigasi di Kecamatan Celala masih menjadi perhatian Pemkab setempat, dan khusus untuk penanganan sementara Nasaruddin menugaskan Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya untuk melakukan upaya segera.

“Masyarakat sedang bersawah dan perlu air, jadi untuk sementara yang penting air masuk terlebih dahulu, jangan sampai sawah sampai kering, berikutnya akan dilakukan pembenahan secara permanen,” ujar Nasaruddin.

Diminta tanggapannya, beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Cipta Karya Aceh Tengah, Erwin mengungkapkan tahun ini memang sudah ada sejumlah program dan kegiatan untuk pembenahan irigasi di Kecamatan Celala.

Diantaranya melalui dana Otsus akan dikerjakan irigasi Berawang Kenil, irigasi Berawang Gading dan sungai Jerik Melala. Sementara melalui dana DAK reguler dialokasikan untuk irigasi Celala. Dan dana DAK tambahan untuk irigasi Weih Renggali, irigasi Blang Kekumur, irigasi Kuyun Paya Dedep, irigasi Kuyun Uken dan irigasi Paya Kolak.

“Diharapkan melalui pengerjaan beberapa irigasi tersebut akan semakin meningkatkan semangat warga untuk kembali ke sawah, dan sekaligus meningkatkan produktivitas hasil pertanian,” demikian penjelas Erwin.(emka)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *