Pangdam Iskandar Muda: Kejuaraan Taekwondo Sebagai Evaluasi Pembinaan dan Melatih Karakter

BANDA ACEH | AcehNews.net – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, membuka kejuaraan piala Pangdam Iskandar Muda Taekwondo Championship Tahun 2023, di Gedung Balee Meuseuraya Aceh (BMA), pada Sabtu (5/8/2023) di Banda Aceh.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapoksahli Pangdam IM, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, Perwakilan Gubernur Aceh, perwakilan Kapolda Aceh, Para PJU Kodam IM, Ketua Umum Pengprov Taekwondo Indonesia Aceh, serta para tamu Undangan.

Panglima Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, dalam sambutannya mengatakan, Piala Pangdam Iskandar Muda Taekwondo Championship Tahun 2023, sebagai wujud komitmen Kodam Iskandar Muda di dalam mendukung dan mengembangkan olahraga Taekwondo di Aceh. Kompetisi ini, lanjutnya, terselenggara atas kerjasama Pengurus Taekwondo Indonesia-Aceh dengan Kodam Iskandar Muda.

“Kompetisi ini merupakan kegiatan penting dalam upaya meningkatkan pembinaan olahraga beladiri Taekwondo, sehingga dapat menjadi Kawah Candra Dimuka pembibitan olahraga Taekwondo di Aceh. Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tulus kepada semua Peserta, Pelatih, dan Panitia, yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan ajang bergengsi ini,” ujarnya.

Panglima mengatakan, Taekwondo bukan sekadar olahraga fisik, tetapi juga melatih Karakter, Sportifitas, Disiplin, dan Semangat Juang. Bukan hanya bersaing untuk meraih kemenangan, tetapi juga untuk membuktikan keunggulan dan sportivitas dalam bertanding. “Jaga sikap saling menghormati dan menjunjung tinggi etika olahraga, sehingga acara ini menjadi tonggak bersejarah dalam perkembangan Taekwondo di Aceh,” demikian pesannya.

selanjutnya ia berharap, kompetisi yang akan berlangsung dapat menjadi ajang unjuk bakat dan potensi terbaik, serta menjadi barometer bagi atlet yang telah mendapat pembinaan secara kontinue selama ini. Kompetisi ini juga, kata Panglima, dapat dijadikan sebagai tempat evaluasi atas hasil pembinaan yang telah dilakukan, sehingga dapat diukur terhadap laju perkembangan prestasi atlet dari daerah-daerah Kabupaten/kota di Aceh.

“Saya berharap ajang olahraga beladiri Taekwondi ini akan menjadi wadah untuk melahirkan bibit-bibit atlet Taekwondo yang mampu mengharumkan nama baik Aceh pada kejuaraan-kejuaraan yang lebih tinggi, baik di tingkat Nasional maupun Internasional,” tuturnya.

Kejuaraan Taekwondo ini digelar selama tiga hari, dari 5 hingga 7 Agustus 2023 yang diikuti sekitar 810 atlet Taekwondo se-Aceh yang dibagi atas empat katagori kelas yaitu, kelas Pra Cadet, Cadet, Junior, dan Senior dengan jenis pertandingan Kyorugi dan Poomsae yang memperebutkan Tropy, sertifikat, dan uang pembinaan dari Pangdam IM.(San)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *