Nikmati Wisata Ganda di Air Terjun Suhom

Kecamatan Lhong, Aceh Besar tidak saja dikenal dengan buah duriannya yang lezat. Tetapi juga dikenal dengan objek wisata air terjunnya yang indah dan alami.

Jika Anda berkunjung ke Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar pada akhir tahun saat musim durian tiba, Anda bisa sekaligus menikmati wisata ganda di sini. Wisata alam dan kuliner. Makan durian sambil mandi-mandi di Air Terjun Suhom.

Air terjun yang terdapat banyak pohon durian di sekitarnya ini. Jika musim durian tiba biasanya banyak pedagang durian musiman menjajakan durian di sekitar lokasi wisata favorit masyarakat lokal ini.

Berjarak kurang lebih 75 Km sebelah barat Banda Aceh atau sekitar 3 Km dari jalan raya Banda Aceh-Calang, Aceh Jaya.  Atau kurang lebih satu jam perjalanan dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

Tiba di objek wisata Air Terjung Suhom, Anda dikenakan biaya pakir dan sekaligus tiket masuk sebesar Rp5.000 (baik mobil maupun sepeda motor). Di air terjun yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala ini, Anda akan mendapati warung-warung kecil yang menjajaki minuman dan makanan ringan.

Disekitar air terjun yang mata airnya bersumber dari air perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter. Terlihat pemandangan alam yang indah dan masih alami. Tampak juga diantara deretan pepohonan yang rindang, terdapat sekitar puluhan pohon-durian yang berdiri tegak dan kokoh diantara lereng-lereng perbukitan.

Saat musim durian di Lhong, buah berduri yang memiliki aroma pada daging buahnya ini banyak dicari para pelancong yang umumnya datang dari Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie, dan Pijay.

Biasanya para wisatawan lokal ini, sebelum ke Air Terjung Suhom, singgah dulu membeli buah durian di Desa Lam Sujen. Desa yang banyak terdapat kebun durian. Dan di desa inilah umumnya buah durian yang dijual ditepi jalan oleh pedagang musiman didatangkan.

Saat musim durian pada bulan Desember atau Januari setiap tahunnya, ribuan buah durian dari kebun warga dibeli pedagang dan masyarakat yang akan melancong ke Air Terjung Suhom. Harga buah mulai dari kisaran Rp5.000/buah hingga Rp20 ribu/buah.

Biasanya buah durian langsung dibuka dan diletakan dalam wadah tertutup atau plastik. Setelah sampai di lokasi air terjun baru disantap beramai-ramai. Tetapi tidak sedikit juga yang membawa buah yang tinggi kolestrolnya ini beserta kulit-kulitnya ke lokasi air terjun. Karena takut aroma dan kelezatan buahnya berkurang rasanya. (sal/acehtoursim.info)

 

 

 

  1. Pingback: 11 Kawasan Wisata Aceh, Mengagumi Ciptaan Allah Di Bumi  Serambi Mekah – BlogPedia

  2. Pingback: 11 Tempat Wisata Aceh, Mengagumi Ciptaan Allah di Bumi  Serambi Mekah - Pinthar.net

  3. Pingback: 11 Tempat Wisata Aceh, Mengagumi Ciptaan Allah di Bumi Serambi Mekah – Wisata Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *