Motret Menjadi Asyik dengan Gotan Ganti Lensa Kamera Handphone

Hobi pada bidang fotografi saat ini bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Seiring perkembang zaman, kamera pun sudah  dapat digunakan oleh siapa saja.Tidak mesti harus menggunakan kamera saku, digital, bahkan professional untuk mengabadikan sebuah momen. Tetapi bisa juga diabadikan dengan menggunakan kamera handphone atau smartphone.

Nah, untuk menghasilkan foto sebagus hasil foto yang menggunakan kamera professional (SLR maupun DLSR), ada solusinya yaitu menggunakan lensa tambahan pada kamera handphone maupun smartphone milik Anda.  Karena sekarang ini sudah dijual lensa kamera handphone dengan berbagai jenis lensa seperti lensa kamera SLR maupun DSLR.

Oh ya, smartphone saat ini sudah dibekali dengan berbagai macam aksesoris seperti lensa tambahan, dengan berbagai jenis yaitu. Lensa macro, wide, fish Eye, dan tele dengan optical zoom, layaknya lensa pada kamera DSLR yang harganya terbilang mahal.

Motret dengan kamera handphone lebih praktis karena sudah tersedia perangkat lensa yang bisa digonta ganti|Zuhri Noviandi

Motret dengan kamera handphone lebih praktis karena sudah tersedia perangkat lensa yang bisa digonta ganti|Zuhri Noviandi

Hasil jepretan lensa Fish Eye, foto menjadi cembung|Cut

Hasil jepretan lensa Fish Eye, foto menjadi cembung|Cut

Memotret dengan kamera ponsel tidak beda halnya dengan menggunakan kamera standar lainnya, meski bersensor kecil, namun kamera smartphone saat ini memiliki fitur yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan kamera DSLR. Sedangkan dari segi kepraktisan dan kecanggihannya, kamera ponsel saat ini sudah mampu menggantikan kamera saku.

Seperti yang diutarakan Cut Irda Puspitasari, gadis asal Lhokseumawe yang mempunyai hobi memotret denga menggunakan kamera smartphone milikinya. Kepada AcehNews.net beberapa waktu lalu, 26 Maret 2015 di Banda Aceh, Cut (panggilan akrabnya) mengatakan, memotret dengan menggunakan kamera smartphone lebih simple karena mudah dibawa ke mana saja. “Kamera smartphone harganya selain lebih terjangkau, hasil fotonya pun bagus tat kalah dengan kamera professional lainnya,” tutur Cut sambil memperlihatkan beberapa hasil jepretannya kepada AcehNews.net.

Seperti smartphone jenis Iphone yang dimilikinya, kata Cut, apa lagi sekarang sudah ada berbagai macam aksesoris lensa tambahan. Cut punya dua jenis lensa tambahan untuk smartphone miliknya yaitu, jenis fishe, dan macro. Dengan dua lensa kamera ponsel pintarnya itu Cut bisa menghasilkan gambar yang tak kalahnya dengan kamera DSLR.

Perempuan asal Pase (sebutan lain untuk Kota Lhokseumawe) ini punya hobi memotret landscape. Ia pun ikut bergabung dengan komunitas foto Mata Ponsel yaitu pehobi foto yang memotret menggunakan kamera ponsel. Di komunitas ini hasil jepretan Cut dengan kamera handphone langsung di-capture oleh admin Mata Ponsel.

Menggunakan kamera seperti DSLR kita harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli lensa baru. Dengan dikeluarkannya berbagai macam jenis tambahan lensa untuk kamera smarphone, Cut tak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang banyak untuk mengoleksi jenis lensa kamera HP. Cut bisa gonta ganti lensa untuk menghasilkan karya fotografi yang bagus dan berexpresi.

Nah, cara menggunakannya lensa di kamera handphone, Anda cukup tinggal pasang lensa tambahan didepan lensa HP. Karena setiap kamera memang sudah dibekali magnet dan ring, yang dilengkapi double tape untuk memasang lensa tambahan.

Sekilas Mengenai Lensa Tambahan

  1. Macro: Lensa tambahan untuk mendapatkan detail obyek lebih rinci. Jarak antara lensa dan obyek hanya 1 hingga 2 Cm saja.
  2. Wide: Lensa tambahan untuk mendapatkan gambar yg lebih lebar daripada lensa bawaan HP. Biasanya dipakai untuk landscape agar bisa mendapatkan foto yg lebih lebar dan terkesan luas.
  3. Fish Eye: Lensa ini sama seperti lensa wide tapi hasil gambarnya lebih ekstrim. Sudut lensa mencapai 180 derajat ++. Jadi bisa mengambil gambar yg berada disamping kiri dan kanan kamera kita. Hasil gambar lensa Fish Eye menjadi cembung.
  4. Lensa Tele dg Optical Zoom: Seperti namanya memang dipake untuk mendapatkan obyek yang jauh agar terlihat lebih dekat dan masih jelas seakan berada dalam jarak normal. (zuhri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *