Manfaat Labu Kuning untuk Mengobati Maag  

Labu kuning tidak saja kaya kandungan vitamin A, tetapi juga bermanfaat untuk obat maag.

Masyarakat Amerika dan beberapa negara lain seringkali menggunakan labu kuning sebagai salah satu atribut perayaan Halloween. Di Indonesia dan Aceh khususnya, labu kuning banyak diburu saat Ramadhan, sebagai bahan untuk dibuat kolak ataupun campuran minuman buah segar. Sedangkan tepung labu kuning biasa dipakai untuk membuat mie, roti, es krim, biskuit, cake, dan lain-lain.

Selain bisa diolah untuk minuman maupun makanan, labu kuning biasanya majadi makanan utama bagi mereka yang mengindap penyakit maag. Karena terbukti “si kuning” yang bisa tahan lama buahnya ini, bisa mengobati sakit maag jika dimakan teratur dengan cara dikukus.

Radang lambung atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit maag adalah suatu penyakit yang menyerang bagian radang lambung yang kemudian menyebabkan perut menjadi sakit, perih, kembung atau bahkan mual dan muntah.

Penyakit maag secara garis besar ada dua macam, yaitu maag akut dan juga maag kronis.

Penyakit maag biasanya disebabkan karena tidak adanya keteraturan dalam mengatur jadwal makan, seperti terlambat makan, makan seenaknya, makan makanan yang kurang bergizi atau kurang baik bagi tubuh, salah mengkonsumsi obat, dan akibat dari kondisi psikologis yang sedang dialami, seperti emosi, stress atau depresi.

Mengapa Labu Kuning?

Labu adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan. Labu merupakan sayuran yang memiliki banyak vitamin anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Labu dalam 100 gram mengandung vitamin A tertinggi dari keluarga sayuran cucurbitaceae yang mengandung sekitar 246% dari RDA.

Kandungan karetenoid atau betakaroten, kalium dan zat besi dalam labu kuning dipercaya dapat meredakan penyakit radang lambung atau maag jika dikonsumsi secara rutin. Sebagaimana diketahui, karetenoid atau betakaroten berfungsi sebagai pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Vitamin ini sangat berguna bagi kesehatan mata, kesehatan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi.

Manfaat Lain Labu

Manfaat labu untuk kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula. Kandungan magnesium yang terdapat pada labu mampu membuat rileks saraf, selain itu biji labu mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan terutama anemia yang sering terjadi pada wanita.

Cara mengolah labu untuk obat maag:

  1. Buah labu yang tidak terlalu besar, Anda potong dua kemudian bersihkan dari bijinya dan

 

  1. Kukus sampai matang

 

  1. Labu dimakan untuk menggantikan makan nasi selama maag kambuh

 

(nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *