Jurnalisme Warga Dilaporkan Oleh Qasimil Junaidi
Lhoksukon Siaga II Banjir, Warga Mulai Angkat Barang

AcehNews.net|ACEH UTARA – Warga Lhoksukon, Aceh Utara, Ahad malam (17/01/2016) mulai berjaga-jaga melihat kondisi ketinggian air sungai dan sebagian mulai mengangkat barang ke lantai atas, sebab wilayah tersebut sudah siaga 2 banjir.

Warga Lhoksukon, Qasimil Juanaidi  dalam laporan jurnalisme warga yang dikirimkannya melalui redaksi AcehNews.net pada Senin dini hari pada pukul 00.40 WIB mengabarkan bahwa sebagian wilayah Aceh Utara mulai direndam banjir sejak dua hari belakangan ini yang disebabkan karena luapan air sungai dan curah hujan yang cuku tinggi di kawasan tersebut.

Banjir dengan kondisi air yang mencapai lutut orang dewasa ini merendam wilayah Geudong yang sampai badan Jalan Medan Banda Aceh, kondisi di jalan ini dijaga oleh polisi untuk mengatur arah lalulintas kendaraan, agar tidak terjadi kemacetan.

Disebagian wilayah Aceh Utara lainnya, ban jir juga sudah merendam wilayah Kecamatan Matangkuli dan kecamatan Pirak Timu yang mencapai lewat lutut orang dewasa. Sampa berita ini diturunkan curah hujan di Aceh Utara masih sangat tinggi dan warga Kota Lhoksukon sudah dalam kondisi Siaga II, dan sebagian sudah menaikan barang ke lantai atas  untuk jaga-jaga supaya barang dagangan tidak sampai terendam banjir.

“Pada malam ini kita sudah dalam siaga dua, demikian informasi yang kami terima dari instansi terkait. Sebagian warga berjaga-jaga melihat luapan air sungai dan sebagian lagi menaikan barang ke lantai atas, agar tidak terendam banjir,”ujar Samsul Bahri, salah satu pedagang di Kota Lhoksukon, Aceh Utara.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Muhammad Aji dan Fathul berharap hujan tidak lagi turun dan banjir pun surut supaya warga bisa kembali beraktifitas seperti biasa dan tidak sampai gagal panen di sawah seperti pada banjir yang terjadi pada akhir 2014 lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *