Kunjungi Aceh, Kepala BNPB Bawa Bantuan Mesin PCR dan Masker

BANDA ACEH | AcehNews.net – Aceh merupakan daerah dengan kasus aktif Covid-19 yang tinggi. Selain itu angka kematian terkait Covid-19 di Aceh juga disebut terhitung tinggi. Sementara angka kesembuhan dikatakan menuju angka yang bagus.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito, pada Sabtu (27/8/2021) di Banda Aceh.

Selanjutnya, ia juga mengatakan tingkat testing dan tracing di Aceh juga dikatakan masih rendah. Begitu juga dengan tingkat kedisiplinan penggunaan masker yang masih butuh terus ditingkatkan.

Padahal, kata Letjen Ganip, memakai masker dan melakukan vaksinasi adalah cara paling bagus untuk memproteksi diri dari kemungkinan tertular Covid-19.

Untuk itu ia mengajak masyarakat di Aceh untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan tetap mengenakan masker dan melakukan vaksinasi.

“Hari ini kita di sini untuk membuat satu aksi mengingatkan dan mengedukasi masyarakat agar disiplin memakai masker. Maka kita luncurkan mobil masker,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Aceh, Letjen TNI Ganip Warsito menyerahkan langsung bantuan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dan masker yang diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah serta disaksikan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Achmad Marzuki, Ketua DPRA yang diwakili Ketua Komisi VI Tgk Irawan Abdullah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Kepala SKPA, dan pejabat Polda Aceh.

Bantuan itu terdiri dari satu unit mesin PCR yang dikhususkan untuk Kabupaten Aceh Besar. Mesin PCR itu diterima langsung oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali. Selanjutnya 500 ribu lembar masker medis dan 500 ribu masker kain untuk masyarakat Aceh yang diterima Sekda Taqwallah. Selain itu juga diserahkan 1 unit mesin PCR untuk Kodam Iskandar Muda serta 1,5 juta lembar masker kain untuk Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh.

Bantuan masker itu langsung disalurkan ke-23 kabupaten kota di mana prosesi penglepasannya dilakukan di lokasi tersebut. Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan konvoi mobil dari masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten/kota.

Sekda Aceh yang pada kesempatan itu mewakili Gubernur Aceh, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan BNPB. Sebelumnya Pemerintah Aceh juga telah beberapa kali mendistribusikan masker untuk seluruh kabupaten-kota di Aceh.

Peninjauan Pos PPKM

Sementara itu, Ahad (29/8/2021), Letjen TNI Ganip Warsito dan rombongan melakukan peninjauan Posko PPKM di Banda Aceh dan juga memastikan kelengkapan fasilitas isolasi bagi pasien COVID-19 bergejala ringan di posko tersebut.

Kedatangan jenderal bintang tiga itu disambut Wakil Walikota, Zainal Arifin di Posko PPKM Gampong (Desa) Lambung.
Usai dari sana ia dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Safrizal beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Hotel Hijjrah Inn. Pemko Banda Aceh menjadikan Hotel ini sebagai rumah isoman terpusat di Kota Banda Aceh.

Wakil Walikota juga ikut mendampingi Jenderal Ganip Warsito ke hotel yang terletak di Jalan Sultan Malikul Saleh No. 7E, Lamlagang, Kecamatan Banda Raya.

Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas untuk warga yang menjalani isoman, seperti makan, makanan ringan, obat-obatan, AC, WiFi, dan dokter serta perawat yang yang akan berjaga selama 24 jam. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *