Kabar Gembira dari Institut Jantung Negara Malaysia: Pasien Jantung Bawaan Pengobatan Tanpa Operasi

AcehNews.net|MEDAN – Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia, dalam upaya memperluas jangkauan pilihan pengobatan non-invasif, telah memperkenalkan prosedur baru untuk membantu pasien penyakit jantung bawaan. Yaitu, terapi penggantian katup pulmonal transkateter (TPV) dengan cara tanpa operasi(metode non-bedah) yang berupaya memulihkan fungsi katup pulmonal.

Ketua Pegawai Klinikal IJN, dr. Hasri Samion, pada konferensi pers secara virtual, Rabu (2/11/2022) di Kuala Lumpur, Malaysia, menjelaskan, metode pengobatan jantung tanpa operasi ini secara khusus ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa yang hidup dengan penyakit jantung bawaan yang juga menderita penyakit katup paru, terutama mereka yang perlu mengganti katup atau saluran bedah mereka.

“Katup pulmonal menyalurkan aliran darah dari jantung ke paru-paru. Ketika katup ini tidak berfungsi dengan baik, pasien yang terkena mungkin menderita sesak napas, kelelahan, dan gangguan fungsi paru-paru,” jelas dr. Hasri Samion lagi.

Konferensi Pers virtual via zoom, Rabu (2/11/2022) di Kuala Lumpur, Malaysia. | Ist


Turut mendampingi konferensi pers IJN melalui zoom, Kepala Pusat Jantung Anak dan Bawaan, dr. Marhisham Che Mood dan chief executive officer IJN Datuk Dr Aizai Azan Abdul Rahim yang dipandu Eva.

Kepala Pusat Jantung Anak dan Bawaan, dr. Marhisham Che Mood menambahkan, penyakit katup pulmonal sering terjadi pada pasien jantung bawaan. Sebelum pilihan non-bedah seperti terapi TPV, pasien penyakit jantung bawaan harus menjalani prosedur invasif untuk memperbaiki katup paru yang rusak.

“Kenyataan bahwa banyak dari pasien dengan penyakit jantung bawaan ini nantinya perlu mengganti katup atau saluran bedah mereka saat mereka tumbuh menjadi dewasa,” paparnya terkait kondisi yang ada sekarang ini.

Lanjutnya, beberapa pasien penyakit jantung kongenital mungkin hanya membesar melebihi katup bedah mereka. Atau, beberapa saluran atau katup dapat aus seiring waktu, atau menyempit karena penumpukan endapan kalsium dan mineral.

“Melalui prosedur seperti terapi TPV, kami dapat dengan mudah mengganti katup yang rusak ini tanpa harus menempatkan pasien melalui prosedur invasif seperti operasi jantung terbuka seperti di masa lalu,” kata dr. Marhisham Che Mood.

Prosedur TPV adalah salah satu yang telah diuji dan terbukti secara klinis, dan memiliki rekam jejak 10 tahun bukti mengenai keamanan dan kemanjurannya.

Chief executive officer IJN, Datuk dr. Aizai Azan Abdul Rahim mengatakan, pengenalan prosedur ini adalah bagian dari tujuan IJN yang lebih luas untuk membuat perawatan berkualitas tinggi dapat diakses oleh lebih banyak orang Malaysia.

“Bagi kami, tolok ukur kualitas juga mencakup bagaimana proses pengobatan mempengaruhi pasien juga. Inilah sebabnya kami selalu tertarik untuk mengeksplorasi dan membawa prosedur yang lebih baru dan lebih non-invasif di sini di IJN,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa prosedur ini di berbagai negara sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu dengan tingkat keberhasilan lebih dari 95%. Namun prosedur baru ini mulai dilakukan di IJN Malaysia mulai tahun ini.

Jelasnya, tingkat keberhasilan prosedur ini dari berbagai negara tinggi sekali, lebih dari 95%. Untuk di IJN Malaysia, prosedur ini sudah dilakukan beberapa pekan lalu terhadap dua pasien.

“Pasien yang sudah melakukan terapi ini, tanpa operasi berhasil 95 persen. Pasien dua hari sudah bisa pulang di hari kedua. Sudah bisa beraktifitas seperti semula. Tetapi kami tetap dilakukan pemantauan,” demikian pungkasnya. (San)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *