Jurnalisa Ketua PWI Aceh Tengah yang Baru

AcehNews.net|TAKENGON – Jurnalisa (Wartawan dari Harian Rakyat Aceh)  terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Tengah periode 2016-2019. Pelantikan ketua baru PWI Aceh Tengah ersebut dilantik Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman beberapa waktu lalu.

Babak baru kepengurusan PWI Aceh Tengah dibawah kepemimpinan dJurnalisia diharapkan dapat lebih berkembang, baik secara organisasi maupun kemitraan. “PWI Aceh Tengah tetap berkomitmen untuk menjadi Humas Masyarakat dan siap untuk dikritik,” ungkap Jurnalisa ketika memberikan sambutan usai dilantik.

Sejalan dengan harapan tersebut Jurnalisa mengharapkan tidak terjadi lagi premanisme dan kriminalisasi terhadap wartawan.”Kita bertekad untuk mengembangkan sayap organisasi dengan merekrut wartawan di luar PWI agar organisasi lebih berkembang dan mampu menjalankan fungsi secara internal maupun kemitraan,” katanya.

Sementara Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman usai melantik pengurus Aceh Tengah, mengatakan, dalam berorganisasi PWI tidak punya musuh melainkan membangun mitra dan senantiasa mendukung program-program pemerintah daerah.

Namun, walaupun menjadi mitra pemerintah daerah bukan berarti tidak boleh melakukan kritik.”Apakah sudah jadi mitra, tidak boleh tulis dan kritik lagi, kalau itu terjadi berarti bukan mitra,” kata Tarmilin.

Menurutnya, bila hal tersebut terjadi, semua orang akan bertanya-tanya, ada apa dengan PWI yang tidak mengkritik pemerintah lagi.”Artinya kritikan konstruktif, tidak tendensius, dan pemerintah pasti tidak ada yang tidak menerima kritikan zaman sekarang,” imbuhnya.

Tarmilin mengharapkan PWI Aceh Tengah dapat menjadi garda terdepan untuk mengemas berita yang berimbang dan bermutu sehingga dapat menjadi referensi masyarakat.

Sekretaris Daerah, Karimansyah yang turut hadir pada kesempatan pelantikkan pengurus PWI Aceh Tengah mengharapkan wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI dan unsur pers lainnya dapat berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Karimansyah mendukung sikap kritis PWI untuk menunjang dan memperbaiki pelayanan publik yang selama ini dijalankan oleh pemerintah daerah setempat.

“Bersikap kritis dapat dimaknai sebagai sahabat sejati, sementara yang hanya memberi sanjungan merupakan sahabat biasa,” demikian Karimansyah.

Turut hadir pada pelantikkan PWI Aceh Tengah, Ketua DPRK, Muchsin Hasan, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rahmawan, Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Arm Ferry Ismail serta para pihak yang selama ini menjadi mitra PWI. (emka)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *