Ini Smartphone yang Paling Dinanti Sepanjang 2016

HARI ini kita sudah memasuki tahun 2016. Tahun baru pastinya akan ada beragam produk baru yang diluncurkan, tidak terkecuali produsen smartphone.

Di paruh pertama tahun ini, akan dihelat dua gelaran internasional, yakni CES 2016 di Las Vegas, AS (awal Januari) dan MWC 2016 di Barcelona, Spanyol (akhir Februari), sebagai ajang pameran smartphone.

Tak sedikit pula produsen yang menjadikan dua ajang tersebut sebagai tempat perilisan smartphone terbarunya.

Adapun beberapa produsen lainnya, diprediksi akan memilih untuk meluncurkan produk smartphone andalannya pada paruh kedua 2016.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa produk smartphone yang diyakini bakal meluncur di tahun ini:

– ASUS ZenFone 3

Setelah sukses merilis berbagai varian ZenFone 2 di tahun lalu, ASUS disebut akan mengandalkan ZenFone 3 untuk tahun 2016 ini.

Rumor yang beredar menyebutkan, ZenFone 3 akan menjadi perangkat pertama pada jajaran ZenFone yang memiliki sensor pemindai sidik jari. Selain itu, ZenFone 3 nantinya juga akan dilengkapi dengan RAM sebesar 4GB dan port USB Type-C.

Seperti pendahulunya, yakni ZenFone 2, yang diumumkan pertama kali oleh ASUS pada gelaran CES 2015, maka ZenFone 3 ini juga diprediksi bakal diungkap dalam ajang CES 2016 yang akan dihelat pada 6-9 Januari 2016.

Kabarnya, ASUS masih akan membanderol perangkat andalannya ini dengan harga di bawah US$400.

– HTC One M10

Belum banyak rumor yang beredar mengenai HTC One M10. Namun, tampaknya perangkat ini masih akan tetap mengusung desain bodi bermaterial logam dengan sejumlah peningkatan.

Salah satu bocoran yang ada tentang HTC One M10 adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 820, yang juga bakal digunakan oleh sejumlah flagship smartphone lain di tahun 2016.

Sama seperti pendahulunya, HTC One M9 yang rilis di ajang MWC 2015 pada akhir Februari, maka diprediksi HTC One M10 juga akan diungkap di gelaran yang sama tahun ini.

– LG G5

Sejauh ini, rumor yang beredar menyebutkan bahwa LG G5 akan dibekali layar 5,6 inci, chipset Snapdragon 820, kamera utama 21 megapiksel, dan kamera depan 8 megapiksel.

Dibalut dalam desain bodi bermaterial logam, smartphone ini kabarnya juga akan memiliki dukungan sensor pemindai mata atau iris scanner sebagai salah satu fitur keamanannya.

LG G5 diperkirakan bakal meluncur pada April 2016, atau tepat setahun setelah kehadiran pendahulunya, LG G4.

– Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge disebut masih akan mengusung desain dari pendahulunya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, yakni dengan layar AMOLED 5,2 inci beresolusi Quad-HD. Bedanya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge bakal menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 820 (versi global) dan Samsung Exynos 8890 (versi Korea).

Rumor yang beredar juga menyebutkan jika Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akan dilengkapi kamera utama 20 megapiksel, fitur 3D touch, dan kehadiran kembali dukungan slot kartu microSD yang sempat ‘menghilang’ di seri Galaxy S6.

Oleh karena Samsung mengungkap Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge pada ajang MWC 2015, maka diharapkan raksasa teknologi Korea Selatan ini bakal merilis Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge pada ajang MWC yang digelar di Barcelona, Spanyol, pada 22-25 Februari 2016.

– Sony Xperia Z6

Sama seperti pendahulunya, Sony Xperia Z6 kabarnya juga bakal tersedia dalam banyak varian. Dikatakan tidak kurang dari lima varian, mulai dari layar berukuran 4 inci hingga 6,4 inci, yang salah satunya akan memiliki resolusi display 4K.

Kelima varian Xperia Z6 ini dilaporkan bakal diluncurkan dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Selain dukungan fitur antiair seperti lini Xperia Z lainnya, belum banyak bocoran yang beredar mengenai Xperia Z6 ini, termasuk fitur kamera yang selalu menjadi unggulan produk-produk smartphone Sony.

Sony Xperia Z6 diharapkan bakal diungkap pada paruh pertama 2016.

– Huawei D8

Huawei berencana untuk melangkah lebih meluas ke sektor smartphone di segmen high-end pada tahun ini. Salah satu perangkat yang akan termasuk dalam rencana mereka adalah Huawei D8 yang kabarnya bakal diumumkan pada paruh pertama 2016.

Berdasarkan laporan sebuah media lokal China, Huawei D8 disebut bakal memiliki layar 5,5 inci bersolusi Quad-HD 1440p yang dilapisi oleh kaca safir. Untuk kenerja kerjanya, smartphone ini akan dipersenjatai oleh chipset terbaru Huawei, yakni Kirin 960. Sedangkan RAM yang digunakan sebesar 4GB.

Saat dirilis nanti, Huawei D8 diperkirakan akan dibanderol dengan harga 5.000 yuan atau sekitar Rp10,5 juta.

– Xiaomi Mi 5 dan Xiaomi Mi 5 Plus

Xiaomi Mi 5 bakal dilengkapi dengan layar 5,2 inci dengan resolusi yang masih terdiri dari dua kemungkinan, antara Quad-HD 1440p atau Full-HD 1080p. KInerjanya akan dipersenjatai oleh chip Qualcomm paling mutakhir, Snapdragon 820 dengan CPU quad-core dan GPU Adreno 530.

Selain itu, terdapat pula RAM 4GB dengan memori internal 16GB/64GB, serta kehadiran fitur pemindai sidik jari pada tombol Home yang terletak di bawah layar perangkat.

Untuk kamera belakang, Xiaomi Mi 5 memiliki lensa 16MP, sementara untuk kamera depannya adalah 8MP. Ditenagai oleh baterai berkapasitas 3030mAh, prediksi harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp4 jutaan.

Kabarnya bakal ada versi flagship lain dengan layar yang lebih besar daripada Mi 5, yaitu Xiaomi Mi 5 Plus. Perangkat ini bakal dilengkapi dengan layar antara 5,5 inci atau 5,7 inci dengan resolusi Quad-HD 1440p, chipset Snapdragon 820 berikut dengan RAM 4 GB dan memori internal 32GB.

Dengan spesifikasi lain yang mirip dengan Mi 5, phablet besutan Xiaomi ini kemungkinan bakal dipasarkan dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp5 jutaan.

– iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Tidak bisa dipungkiri jika produk Apple memang harus selalu masuk ke dalam daftar smartphone terbaik yang kerap dinantikan para penggemarnya karena memiliki standar tersendiri, baik dalam performa maupun desain.

Belum ada bocoran spesifikasi dari suksesor iPhone 6S dan iPhone 6S Plus ini, namun dipastikan jika iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bakal tampil lebih baik dari pendahulunya.

Masih mengikuti roadmap Apple sebelumnya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus diyakini bakal meluncur pada September 2016. (inilah.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *