IJN Kuala Lumpur-Malaysia, Rumah Sakit Katup Jantung Terkemuka di Asia

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Regurgitasi katup trikuspid adalah suatu kondisi di mana selebaran katup trikuspid tidak dapat menutup dengan benar. Kondisi ini, menyebabkan aliran balik darah ke ruang kanan atas jantung dan dalam kondisi parah ke dalam cava. Jika tidak tertangani, kondisi ini dapat menyebabkan gagal jantung.

Hal itu disampaikan Direktur Klinis, Gagal Jantung & Transplantasi Jantung, Konsultan Ahli Jantung, Institut Jantung Negara (IJN), Malaysia, Dato’ Dr Azmee Mohd Ghazi, pada konferensi pers  virtual, Rabu (1/12/2021). Rumah sakit katup jantung terkemuka di Asia ini menggelar konferensi pers pertama kalinya di masa pandemi Covid-19  yang menghadirkan puluhan jurnalis  dari Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa.

Lanjut, Dato’ Dr Azmee Mohd Ghazi,  penyebab umum dari kondisi ini adalah peningkatan ukuran bilik jantung kanan bawah (ventrikel kanan), yang dapat menyebabkan ketegangan pada kemampuan katup trikuspid untuk berfungsi.

“Pasien mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, irama jantung yang tidak normal, sesak napas, dan pembengkakan pada kaki dan perut. Namun, tanda-tanda ini seringkali tidak berkembang sampai kondisinya menjadi parah,” papar dokter ternama spesialis jantung  di Malaysia ini.

Ia juga mengatakan, pasien dengan regurgitasi katup trikuspid ringan ditangani dengan obat-obatan untuk meredakan gejala. Pasien dengan kondisi parah, kata dia,  mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian katup jantung.

Lebih lanjut, Dato’ Dr Azmee Mohd Ghazi,  mengatakan, tidak semua pasien mampu menahan risiko operasi. Mereka mungkin juga memiliki kondisi lain yang membuat mereka tidak cocok untuk prosedur tertentu.

Ia mencontohkan, misalnya, pilihan bedah umum untuk regurgitasi katup trikuspid adalah annuloplasty, prosedur yang mengencangkan cincin di sekitar katup di jantung. “Sayangnya, pada pasien dengan anulus trikuspid yang sangat melebar atau dengan alat pacu jantung sebelumnya. Atau kondisi lain yang mendasarinya, mereka tidak akan cocok untuk prosedur tersebut,” katanya.

Sementara itu untuk kasus seperti inj, penting bagi IJN untuk dapat menawarkan pengobatan inovatif baru. Seperti TricValve® untuk membantu lebih banyak pasien meringankan gejala mereka. Serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Rumah Sakit Pertama di Asia

Institut Jantung Negara Malaysia yang berada di Kuala Lumpur merupakan rumah sakit pertama di Asia yang berhasil melakukan perawatan jenis baru untuk pasien yang menderita regurgitasi trikuspid atau katup jantung bocor.

IJN merupakan rumah sakit yang khusus untuk pengelolaan dan pengobatan penyakit jantung dengan menyediakan layanan kardiologi, kardiologi pediatrik, dan bedah kardiotoraks untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Rumah Sakit tersebut dinilai sebagai salah satu pusat medis terbaik untuk perawatan kardiovaskular dan toraks di Malaysia. Hingga saat ini, IJN terus mengikuti perkembangan dan berinovasi, mulai dari penanganan lubang sederhana pada operasi jantung hingga transplantasi jantung dan paru-paru.

IJN adalah institusi spesialis jantung yang berkomitmen untuk memberikan standar lanjutan dalam pengobatan kardiovaskular dan toraks untuk pasien jantung dewasa dan anak.

Lembaga ini pernah menjadi bagian dari Rumah Sakit Umum Kuala Lumpur. Dan sejak berdirinya institut ini, IJN telah merawat lebih dari 3,7 juta pasien dan 6.000 pasien setiap tahunnya yang dirawat berasal dari Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Institut Jantung Negara (IJN), Anda bisa mengunjungi www.ijn.com.my.

Sistim TricValve®

IJN melakukan perawatan jenis baru untuk pasien yang menderita katup jantung bocor. Penunjukan perangkat terobosan untuk TricValve® dan bioprostesis digunakan untuk pasien dengan regurgitasi trikuspid berat (katup bocor) dengan risiko tinggi untuk operasi jantung terbuka.

Sistim TricValve® secara khusus dikembangkan untuk pasien yang menderita regurgitasi katup trikuspid, terutama mereka yang tidak dapat mengontrol gejalanya melalui perawatan lain dan dianggap terlalu berisiko tinggi untuk pembedahan.

Pasien dengan regurgitasi katup trikuspid ringan ditangani dengan obat-obatan untuk meredakan gejala, dan pasien dengan kondisi parah mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian katup jantun.

Senior Consultant Cardiologist, IJN, Datuk Dr. Aizai Azan Abdul Rahim, menambahkan,  tim IJN terus  mencari metode pengobatan yang lebih baru dan lebih inovatif.

“Bukan rahasia lagi bahwa kesuksesan IJN dibangun di atas kemauan staf kami untuk terus belajar, mencari perawatan inovatif baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kami dan mendorong batas-batas untuk dapat merawat lebih banyak pasien yang dianggap tidak cocok operasi,” ujarnya.

Regurgitasi katup trikuspid lanjut dia,  suatu kondisi di mana selebaran katup trikuspid tidak dapat menutup dengan benar. Kondisi ini, menyebabkan aliran balik darah ke ruang kanan atas jantung dan dalam kondisi parah ke dalam cava. Jika tidak tertangani, kondisi ini dapat menyebabkan gagal jantung.

“Penyebab umum dari kondisi ini adalah peningkatan ukuran bilik jantung kanan bawah (ventrikel kanan), yang dapat menyebabkan ketegangan pada kemampuan katup trikuspid untuk berfungsi,” ungkapnya.

Pasien, kata dia, mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, irama jantung yang tidak normal, sesak napas, dan pembengkakan pada kaki dan perut. Namun, tanda-tanda ini seringkali tidak berkembang sampai kondisinya menjadi parah.  (San)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *