Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Bagi 100 Paket Sembako

BANDA ACEH | AcehNews.net – Provinsi Aceh, salah satu daerah di Indonesia yang Pandemic Covid-19 atau virus Corona. Kondisi ini berdampak pada kehidupan keluarga dan masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, Nevi Ariyani, mengatakan, dalam menyikapi masalah dinasnya telah melakukan berbagai kampanye melalui sosial media dan juga kampanye lapangan berjarak dengan menggunakan Mobil Perlindungan Perempuan pada titik yang diperkirakan masyarakat belum mendapatkan informasi yang cukup.

Lanjut Nevi, selain ituq DP3A juga menggalang donasi dari sejumlah ASN (Aparat Sipil Negara) dijajarannya, untuk diberikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan, terutama Perempuan dan Anak, baik korban kekerasan, serta perempuan kepala keluarga.

Bantuan yang diberi berupa paket sembako seperti beras, telur, minyak, gula, dan lain-lain, yang disalurkan pada beberapa titik dikawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Kegiatan donasi ini diharapkan dapat meringankan beban para penerima yang terkena imbas dari wabah ini. Paket sembako yang akan diberikan berjumlah lebih kurang 100 paket. Dan pada setiap penyerahan bantuan turut diberikan edukasi kepada dan pesan-pesan pencegahan,” papar Nevi di Banda Aceh, Selasa (8/4/2020).

DP3A didukung sepenuhnya oleh ARC Unsyiah juga ikut mendistribusikan Hand Sanitizer sebanyak 140 botol kepada sejumlah anak anak yang tegabung dalam rumah baca, Pendamping/Paralegal komunitas, Rumah aman dan Rumah yatim serta panti yang menjadi mitra utama DP3A dalam penanganan kasus Kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita minta masyarakat agar tidak panik dan tidak mengucilkan para korban wabah Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol dari pihak medis seperti pembatasan jarak (pshical distancing), mencuci tangan pakai sabun, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan tetap membangun kewaspadaan terhadap potensi kekerasan bagi perempuan dan anak,” pesan Nevi.

Ia juga menambahkan, walaupun Aceh sedang dilanda bencana wabah virus Corona, tidak tertutup kemungkinan munculnya kasus-kasus kekerasan, termasuk kekerasan seksual, kepada anakk dan perempuan. Untuk Nevi meminta kepada masyarakat, jika ada korban bisa menghubungi nomer pengaduan P2TP2A Rumoh Putroe Aceh dengan Hotline 085262748875. (Echi/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *