Di Aceh Besar, Vaksinasi Keluarga Dilaksanakan di Desa

JANTHO | AcehNews.net – Tim Vaksinasi Puskesmas Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, melaksanakan vaksinasi keluarga di desa. Vaksinasi jemput ‘bola’ ini telah dilakukan sejak Rabu (20/10/2021) di beberapa desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya.

Kepala Puskesmas Krueng Barona Jaya, Rosa Andraini mengatakan, kepada AcehNews.net, Senin pagi (25/10/2021) di Aceh Besar menyebutkan, vaksinasi jemput ‘bola’ ini untuk membantu pemerintah mencapai target vaksinasi Covid-19 yang masih rendah.

Namun, lanjut Ketua Ikatan Bidan Indonesia Aceh Besar ini lagi, jika yang lain melakukan vaksinasi keluarga melalui Praktek Mandiri Bidan, ia dan tim nya melalui Puskemas.

“Vaksinasi Keluarga kita dilaksanakan di desa-desa yang ada di Kecamatan Krueng Barona Jaya. Sehari bisa 30 hingga 50 orang yang divaksin tim kita,” sebut Rosa.

Selanjutnya, ia menyampaikan jumlah total vaksinasi keluarga yang sudah dilakukan dari 20 hingga 25 Oktober 2021 sebanyak 3000 orang.

“Sasaran penerimanya vaksin adalah warga berusia di atas 12 tahun, termasuk lansia dan ibu hamil. Ada sekitar lima orang dindalam keluarga yang divaksin, kita berharap bisa tercapai target Vaksinasi Keluarga BKKBN,” sebut Rosa.

Tim vaksinator Puskemas yang dipimpinnya tidak bekerja sendiri, tetapi juga dibantu tim dari polisi, TNI, dan kader di desa. Pelaksanaan vaksinasi di lakukan di Balai Desa. Namun sebelumnya, masyarakat di desa yang menjadi sasaran diberi pencerahan terkait vaksinasi.

“Sebelum masyarakat divaksin, kita sosialisasikan dulu,” demikian pungkasnya.

Salah seorang warga desa, Tari (32) mengaku, setelah mendengar sosialisasi terkait vaksin Covid-19 baik manfaatnya maupun efek yang akan dialami setelah vaksin, ia pun mengajak anggota keluarganya yang lain.

“Selama ini kan kita mendapatkan sumber informasi dari pihak yang kurang jelas, nih langsung dari petugas kesehatannya. Jadi nga perlu takut divaksin,” demikian ujarnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *