Covid-19, Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro Gunakan Dana Desa  

BLANGPIDIE | AcehNews. Net – Edukasi dan Sosialisasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro  di  Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan, Camat Jeumpa, Teuku Nasrul, Rabu (16/6/2021). Ia juga mengatakan, PPKM yang dilaksanakan oleh Gampong Kuta Makmur, Kecamatan Jeumpa Aceh Barat Daya, merupakan pencegahan Covid-19 di tingkat desa.

“PPKM adalah satu pembatasan masyarakat secara kecil. Tidak boleh lagi perkumpulan meski kecil. Harapannya setelah sosialisasi ini, disampaikan kepada masyarakat dan taati pemerintah. Virus corona kecil sekali tidak terlihat. Cara mencegah dengan cara menjaga kesehatan diri, melakukan vaksinasi, taati prosedur kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” pesan Teuku Nasrul.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, dana untuk PKPM ini digunakan dari 8 persen dana desa yang digunakan untuk tempat cuci tangan,masker, posko, dan lainnya, sesuai keperluan desa. Dan pendamping desa, kata Camat Nasrul, berharap tidak ada penyalahan guna dana desa agar penangganan Covid-19 dapat berjalan maksimal.

Selain sosialisasi dan edukasi PPKM, juga ada sosialisasi Gampong Tangguh. Gampong Tanguh merupakan salah satu langkah mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan serta memanfaatkan lahan kosong dan membantu masyarakat dalam penerapan New Normal. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari optimalisasi melawan Covid-19 dengan tetap mentaati protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

“Diharapkan dengan adanya Gampong Tangguh ini dapat meningkatkan kualitas pangan masyarakat dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi seperti halnya situasi saat ini di tengah pandemi Covid-19,” ucap Teuku Nasrul.

Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh belas perangkat desa dan masyarakat juga Babinsa, dan Bhabinkamtibmas serta pendamping desa. (Nita J)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *