18-20 November 2014
Banda Aceh Coffee Festival Akan Digelar di Gedung Sosial  

BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh kembali menggelar even Banda Aceh Coffee Festival 2014 di Gedung Sosial mulai  tanggal 18 hingga 20 November 2014 mendatang. Festival setiap tahunya digelar ini untuk memperkenalkan kenikmatan rasa kopi Aceh dilidah penikmat kopi dalam dan luar negeri.

Kadisbudpar Kota Banda Aceh,  T. Samsuar mengatakan, Banda Aceh Coffee Festival 2014 ini telah diselenggarakan sejak 2011 dan merupakan festival kopi tertua di Indonesia. Dia berharap dengan adanya even tahunan ini, angka kunjungan wisatawan di Banda Aceh akan terus meningkat.

“Aceh dan Banda Aceh khususnya sangat kental dengan budaya ngopi, walaupun Banda Aceh sendiri bukanlah daerah penghasil kopi. Setiap selesai beraktifitas, warga Kota Banda Aceh pasti menuju Warkop,” ungkapnya kepada AcehNews.net Kamis (13/11).

Festival kali ini berbeda dengan pagelaran sebelumnya yang dilaksanakan di area outdoor di Taman Sari. Namun tahun ini Banda Aceh Coffe Festival digelar di gedung tertutup yakni di Gedung Sosial. Hal itu dilakukan, menurut Samsuar agar suasananya lebih berbeda, juga mengingat kondisi cuaca sekarang yang kurang mendukung untuk acara outdoor.

Lebih lanjut, Samsuar menambahkan pada festival kali ini panitia akan menyediakan 40 stand yang datang dari pengusaha warung kopi tradisional dan mesin, koperasi tani kopi, produksen bubuk kopi, komunitas peracik dan penikmat kopi, pengusaha kopi industri rumah tangga sampai pengusaha kopi target export.

“Reset yang akan dihadirkan dalam festival itu diantaranya kopi kocok telur bebek, kopi khop khas Meulaboh, sanger, kopi tubruk dan kopi coklat saring,”sebutnya.

Banda Aceh Coffe Festival tahun ini kata Kadisbupar Kota Banda Aceh, selain menghadirkan brand cafe dari Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, dan daratan Gayo, juga menawarkan kepada pengunjung berbagai minuman kopi unik.

Misalnya kopi seduh air zam-zam, manual brewing coffee, coffee speciality nusantara, green bean arabica coffee Gayo, epresso madu, kopi campur buah, dan lain-lainnya. Juga sajian ragam makanan pendamping kopi bercitra rasa tradisional, nusantara, dan internasional. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *