Antisipasi Bencana, Warga Diminta Cepat Beri Informasi  

TAKENGON|AcehNews.net – Guna Mengantisipasi besarnya dampak bencana yang melanda di lingkungan masyarakat, Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM mengharapkan peran serta warga untuk mengantisipasi sejak dini.

Antisipasi yang diharapkan tersebut menurut Nasaruddin dengan memberi informasi sejak awal. “Kalau sudah ada gejala-gejala terjadinya bencana agar segera diinformasikan kepada jajaran pemerintahan, sehingga bisa diantisipasi sejak dini,” pesan Nasaruddin beberapa waktu lalu, ketika berbicara dihadapan jamaah shalat Insya tarawih dan Witir di Mesjid Al fitrah Kampung Kala Kekelip, Kecamatan Atu Lintang.

Pertemuan bersama warga yang dirangkai dengan kegiatan Safari Ramadhan tersebut dimanfaatkan Nasaruddin untuk memberi gambaran bagaimana agar antisipasi bencana lebih diperhatikan sebelumnya.

“Warga harus cepat komunikasi, jangan sampai tunggu parah terlebih dahulu baru disampaikan kepada aparat. Karena pelayanan kepada masyarakat sangat luas, sehingga diperlukan partisipasi warga untuk memberi informasi,” kata Nasaruddin.

Ditambahkannya, penanganan parahnya dampak bencana membutuhkan biaya besar akibat besarnya kerugian, namun bila dapat diantisipasi penanganan lebih mudah dan relatif membenahinya pun lebih ringan.

Kampung Kala Kekelip Kecamatan Atu Lintang menjadi salah satu wilayah yang terdampak bencana akibat meluapnya arus sungai beberapa waktu lalu, lokasi tersebut juga pernah ditinjau oleh Wagub Aceh, Muzakkir Manaf dan unsur SKPA terkait.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *