Angin Kencang Picu Gelombang Tinggi Di Sabang dan Banda Aceh  

BANDA ACEHBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memprakirakan dua hari ke depan, 13 hingga 14 Februari, gelombang laut dengan ketinggian  berkisar 1,5 hingga 2,5 meter dapat terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh.

Prakirawan BMKG di Blang Bintang, Aceh Besar, Suyitno TA, Kamis (12/2/2015) memprakirakan gelombang tinggi tidak saja terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh dua hari ke depan, tetapi juga berpeluang terjadi di perairan  Barat dan Selatan Aceh dengan ketinggian maksimum 2 meter. Sedangkan di perairan Utara dan Timur Aceh ketinggian gelombang mencapai maksimum 1,5 meter.

Menurut Suyitno,  tingginya gelombang di perairan tersebut karena dari pantauan BMKG di Satelit Citra, di sebelah Timur Laut Aceh terdapat pusat tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet dengan kecepatan 04 hingga 36 Km/jam.

“Perlu diwaspada tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan Aceh yang melintas di perairan Sabang dan Banda Aceh, juga Barat dan Selatan Aceh.  Sementara itu, dua hari kedepan wilayah aceh umumnya cuaca cerah berawan dan turun hujan dengan intensitas ringan,” tutupnya.

Tinggi gelobang di perairan Sabang dan Banda Aceh menurut BMKG dipicu lantaran angin kencang yang bertiup dari arah Timur Laut. Untuk itu diminta masyarakat tetap hati-hati dengan kondisi cuaca tersebut dua hari ke depan.(saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *