11 Hal yang Harus Kamu Coba di Sumurgung

TUBAN | AcehNews.Net – Sumurgung adalah desa di kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini dikenal akan industri batik tulisnya. Desa yang terletak tidak jauh dari Kota Tuban ini masih asri namun maju.

Nah, apa sih yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Sumurgung yang konon katanya sedang bersiap-siap menjadi Desa Wisata Budaya. Berikut rekomendasinya, mari cek :

1. Mengenal Batik 

Desa Sumurgung memang menjadi salah satu tujuan batik di Tuban. Ada banyak rumah yang memproduksi batik tulis, cap dan gedog yang khas Tuban. Saat berkunjung ke sini, bisa banget nih sesi dengan banyak batik dan cara pembuatannya. Banyak tempat yang bisa dikunjungi dan masyarakat di sini, terbuka untuk pendatang.

2. Lebih dekat dengan Batik Tulis Warna Alam

Desa Sumurgung saat ini memiliki satu-satunya kelompok yang fokus pada batik tulis pewarnaan alami. Tidak ada sintesis pewarnaan pada kelompok tersebut. Jika ingin berkunjung silahkan datang ke kelompok Putri Berdikari Batik untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai batik tulis warna alam ini.

3. Barian Kupatan

Salah satu agenda tahunan di Sumurgung ini adalah kupatan barian, tradisi membaca doa di perempatan dengan menyiapkan penganan berupa kupat (ketupat) untuk dinikmati setelah membaca doa, di rumah masih-masing.

4. Wisata religi ke Sumur Ndoro

Sumur yang terletak ditengah sawah yang ketika musim tanam menghijau dan menguning saat panen bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi saat berkunjung ke Sumurgung. Menurut cerita turun temurun, air sumur ini tidak pernah mengering. Di dekat sumur ada makam juga, sehingga bersikap sopan di area ini sangat ditekankan oleh masyarakat sekitar.

5. Manganan, tradisi yang ramai 

Salah satu tradisi yang menguntungkan bagi pedagang dan mengundang banyak keramaian adalah manganan. Tradisi mangganan atau sedekah bumi ini, dilaksanakan satu tahun sekali untuk mensyukuri apa yang sudah Tuhan anugerahkan dari bumi. Biasanya tradisi ini mengundang kiai untuk menyampaikan dakwah dan ceramah.

6. Serabi Lodeh

Serabi adalah jajanan tradisional yang berasal dari Indonesia yang diperkirakan sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Mataram. Biasanya dipadukan dengan santan, hampir seluruh Indonesia mengkonsumsi hal ini. Namun, uniknya Sumurgung, serabi dipangan bersama lodeh.

7. Becek mentok, bikin nagih

Salah satu wisata kuliner yang terkenal di Sumurgung adalah becek mentok. Biasanya disajikan dengan nasi jagung.

8. Rumah Lawas

Hunian yang baik adalah salah satu faktor yang bikin betah. Nah, di Sumurgung masih banyak rumah lawas yang nuansa Jawa kental sekali. Menikmati tinggal di rumah lawas diakhir pekan, bisa jadi hal yang tidak boleh dilewatkan

9. Makan dan makan

Saran terbaiknya adalah jika sedang program diet sebaiknya jangan ke Sumurgung, sebab desa ini senang membuat bancaan (baca; doa syukuran) lalu dibekali berkat (baca; makanan yang dikemas) saat pulang, duh timbangan semakin bergeser.

10. Godong jati

Buat pecinta kemasan ramah lingkungan dan makanan murah, Sumurgung jadi salah satu solusinya. Di sini, nasi pecel, lontong tahu dan beberapa makanan lain dibungkus menggunakan daun jati (godong jati)

11. Rujak legendaris

Selain murah, harganya hanya lima ribu rupiah, rujak ini juga enak. Perpaduan buah dengan petis atau kacang ditambah tahu sangat cocok di makan saat hari terik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *