Warga Lut Tawar Bersihkan Sampah di Hulu Sungai Pesangan

TAKENGON – Warga Kecamatan Lut Tawar bergotong Royong membersihkan sampah di sekitar hulu sungai pesangan, tepatnya dari jembatan kampung Bale hingga jembatan kampung Asir-asir, Jum’at (10/4/2015).

Pembersihan sungai yang dilakukan oleh masyarakat tersebut, juga mengikutsertakan jajaran pegawai kantor Camat Lut Tawar, jajaran Polsek Lut Tawar serta beberapa petugas pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Aceh Tengah.

“Selain sampah, di hulu sungai pesangan juga sudah terjadi sedimentasi, sehingga perlu dibersihkan agar aliran air menjadi lancar,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Aceh Tengah, Zikriadi, disela gotong royong warga.

Selain itu, Zikriadi mengatakan sungai pesangan tidak terpisahkan dari Kota Takengon, sehingga ketika ada tamu dari luar daerah atau wisatawan berkunjung, maka sungai pesangan tidak luput dari pandangan.”Karena itu, sangat penting menjaga agar sungai pesangan tetap bersih dan nyaman untuk dipandang,’ imbuhnya.

Belum lagi dari segi kesehatan, menurut Zikriadi masyarakat disepanjang sungai sangat terkait langsung dengan pemanfaatan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga inilah yang mengharuskan sungai bebas dari sampah dan kotoran.

“Kedepan, masyarakat akan terus kita berikan pengertian baik dengan sosialisasi lisan maupun berupa alat peraga agar tetap menjaga kebersihan dan kelestarian sungai pesangan,” demikian Zikriadi.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com