Tanaman Akar Wangi Dapat Mencegah Longsor

BANJAR NEGARA – Akar wangi selama ini dikenal sebagai bahan baku kerajinan tangan. Namun, ternyata, akar wangi bisa tertancap hingga 15 meter di bawah permukaan tanah hingga bisa mencegah longsor, termasuk di Banjarnegara.

“3 Ton akar wangi akan kami kirimkan ke Banjarnegara, ini berguna untuk mencegah longsor karena akarnya bisa menghujam ke dalam tanah sampai 15 meter,” kata Wakil Ketua Paguyuban Budidaya Trembesi (Budiasi) Wayan Budi, saat dihubungi, Jumat (26/12/2014) melalu staf penerangan Kopassus, Mayor Achmad Munir.

Wayan menambahkan selain mengirimkan 3 ton akar wangi, pihaknya juga akan mengirimkan 10 ribu bibit pohon untuk penghijauan di lokasi longsor Banjarnegara.

“10 ribu pohon itu 85 persen tanaman keras dan 15 persennya tanaman buah,” kata Wakil Ketua Paguyuban Budiasi, Wayan Budi.

Pihaknya tak akan menyerahkan akar wangi dan bibit pohon begitu saja. Edukasi bagi para remaja di kawasan longsor juga akan diberikan agar para generasi muda bisa merawat pohon dan menjaga lingkungannya supaya bisa lestari.

“Untuk tahap pertama, kami akan kirimkan 2 ribu bibit pohon dulu dan 500 lg akar wangi untuk ditanam. Distribusinya akan dibantu Kopassus,” jelas Wayan.

Paguyuban Budiasi, menurut situsnya, www.paguyubanbudiasi.org, adalah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan yang didirikan oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo. Paguyuban ini melakukan pembibitan untuk penghijauan melibatkan aktivis lingkungan dan warga sekitar, dan dibagikan gratis pada masyarakat. Nama Paguyuban Budiasi sendiri adalah nama yang diberikan Presiden keenam, SBY. (detik.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com