Sahidal Kastri Kepala Perwakilan BkkbN Aceh yang Baru

BANDA ACEH | AcehNews.net – Wakil Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT melantik dan mengangkat sumpah jabatan Drs. Sahidal Kastri, M. Pd sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Provinsi Aceh yang baru, di Gedung Serba Guna, Kantor Gubernur Aceh Jalan T. Nyak Arif, Banda Aceh, Senin (30/10/2017).

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut, dari BkkbN Pusat, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK), Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK, Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR), DR Ir Dwi Listywardani M.Sc, Sekretaris dan Kabid di jajaran Perwakilan BkkbN Aceh, kepala SKPA (satuan kerja pemerintah aceh) kab/kota, Forkompinda, dan tokoh masyarakat.

Dalam pidatonya, Wagub Nova Iriansyah berharap, Perwakilan BkkbN Aceh dibawah kepemimpinan Drs. Sahidal, mampu memberikan daya dorong bagi suksesnya program-program kependudukan di Aceh. Khusus untuk Aceh, masalah kependuduk kata Nova, menghadirkan persoalan tersendiri, karena dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk Aceh cenderung meningkat.

Sebagai gambaran lanjut Nova, pada 2005, jumlah penduduk Aceh hanya 4,1 juta jiwa, tapi di 2010 meningkat menjadi 4,49 juta jiwa, atau bertambah sebesar 2,32 persen per tahun. Dan pada 2016 jumlah penduduk Aceh sudah mencapai 5 juta jiwa lebih.

“Data ini menunjukkan bahwa persoalan kependudukan di Aceh membutuhkan perhatian semua pihak. Jika persoalan tersebut tidak dikendalikan dengan baik, akan berimbas kepada kualitas kesehatan masyarakat, kesediaan lapangan kerja, kebutuhan pangan, dan persoalan kependudukan lainnya,” kata Nova.
Lanjut Nova, Untuk itu, Pemerintah kabupaten/ kota di Aceh agar ikut ambil bagian dalam kegiatan revitalisasi Program KB di daerah masing-masing.

“Saya meminta agar Kaper BkkbN Aceh yang baru berserta jajarannya agar membangun kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder di Aceh untk menyukseskan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga. Kami juga sangat menantikan gebrakan baru dari Kepala BkkbN dan Pemerintah Aceh sangat mendukung program KKBPK. Diharapkan juga bisa dilaksanakan sesuai dengan kearifan lokal,” tegasnya.

Wagub juga pada kesempatan itu, menyampaikan ucapan terimakasih atas dharma bakti yang telah diberikan dr. M.Yani, selaku Kaper BKKBN Aceh periode sebelumnya yang sejak 22 September lalu telah diangkat menjadi Deputi KS-PK di BkkbN Pusat.

Sementara itu secara terpisah, Sekretaris Perwakilan BkkbN Aceh, HusninThamrin, SE, MM mengatakan, terpilihnya Drs. Sahidal berdasarkan hasil Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di BkkbN pada 05 Juni 2017 lalu. Sebelumnya, Drs. Sahidal menjabat sebagai Asiaten Administrasi umum pada sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tenggara.

“Dengan adanya Kaper baru, kita harapkan program KKBPK di Aceh dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, dan lebih baik lagi berdasarkan pengalaman-pengalamanya yang pernah berkiprah di kabupaten yang tentunya punya pengetahuan yang lebih mendalam tentang permasalahan-permasalahan yang ada di lini lapangan,” demikian ucap Husni Thamrin. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com