Raup Untung dengan Usaha Buket Cokelat dan Mawar

AcehNews.net – Mempunyai sumber penghasilan tambahan merupakan keinginan banyak orang. Dari belum bekerja tetap hingga pegawai kantoran yang menjadikan usaha sampingan buket cokelat dan mawar untuk hadiah di momen hari ulang tahun, pernikahan, hingga wisuda. Tujuannya tak lain untuk meraup penghasilan tambahan.

Adalah Fitri Juliana, jurnalis perempuan di salah satu media di Aceh ini, memanfaatkan waktu sengangnya dengan usaha sampingan buket cokelat dan mawar untuk kado istimewa di di hari ulang tahun, pernikahan, hingga wisuda. Selain bisnis buket dan parsel, Fitri (panggilan akrabnya) juga merintis usaha online shop dengan nama Rumah Khaldazayyan olshop, usaha ini sudah berjalan 2 tahun.

Perempuan kelahiran Kota Sabang ini kepada AcehNews.net beberapa waktu lalu di Banda Aceh mengaku, dia kepicut dengan usaha rumahanya karena melihat peluang usaha yang menjanjikan ini, selain dipicu karena desakan biaya hidup yang kian meningkat dari tahun ke tahunnya. Mau tak mau, usaha sampingan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Awalnya, karena keisengan seorang teman yang memintanya saya membungkus sebuah parsel yang ingin diberikan kepada dosennya. Lama kelamaan, membaca peluang yang menjanjikan ini dan selain dapat meraup rupiah yang tidak sedikit, saya jadi keterusan. Hobi ini pun kini menjadi peluang bisnis bagi saya,” cerita Fitri.

Fitri mengaku dalam sebulan bisa mendapatkan lima hingga enam buket yang terdiri dari makanan ringan, cokelat, bunga mawar dari kertas, pita, dan kain flannel. Parsel dan buket bikinannya bervariasi harganya. Mulai dari Rp40 ribu hingga Rp250 ribu, tergantung isi buket dan rumitnya pengerjaan.

Dalam mengembagkan bisnis yang baru ditekuninya sejak setahun terakhir ini, Fitri mempromosika hasil karya di sosial media miliknya, menurut perempuan yang sedang menempuh pendidikan master tersebut, sosial media adalah lahan yang paling evektif untuk mendukung kelancaran usahanya tersebut.

“Awalnya iseng-iseng, tapi karena sudah mulai banyak yang pesan, saya pun jadi serius menekuni usaha ini. Saya terus belajar melalui You Tobe bagaimana membungkus parsel-pasel ini dalam bentuk buket yang indah, unik, dan menarik,” papar dara berusia 35 tahun ini.

Lanjutnya, sangat penting memperhatikan komposisi, paduan warna kertas flannel dan bunga mawar maupun bentuk cokelat, serta ditambahkan boneka kecil, akan membuat rangkaian buket parsel menjadi cantik, unik, dan menarik

“Untungnya nga banyak sih dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per parsel, sebulan bisa Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Tapi yang membuat saya tertarik bisnis usaha ini, saya dipacu untuk lebih kreatif,” ucap Fitri.

Lanjutnya, semua harga pemesanan, akan disesuaikan dari budget si pemesan, tanpa mengeyampingkan kepuasan konsumen menjadi nomor satu dalam dia membangun usaha ini. Karena Fitri yakin dari mulut ke mulut, kepuasan itu akan disampaikan pelanggannya.

“Kalau puas dengan hasilnya, berapa rupiah pun tak rugi dikeluarkan, sehingga dengan cara itu, saya yakin konsumen akan terus berdatangan untuk memesan,” ucapnya lagi.

Perempuan yang sedang menempuh pendidikan magister Statistika di salah satu perguruan tinggi negeri di Ibukota ini mengaku, untuk pembuatan buket cokelat dan makanan ringan memakan waktu 1 hari merangkainya. Sedangkan untuk buket mawar pengantin dan wisuda bisa memakan waktu 2 hingga 3 hari pengerjaannya.

“Saya terus membangun jaringan kerjasama dengan teman-teman yang memiliki usaha souvenir, even organizer, dan usaha kerajinan tangan souvenir wisuda, ultah, dan wedding. Selain saya mempromosikannya melalui instagram dan facebook,” demikian kata Fitri berbagai tips cara dia mengembangkan sayapnya di bisnis usaha ini.

Sebagai promosi untuk usahan yang dilakoninya saat ini, untuk pemesanan buket cokelat dan bunga mawar bisa dipesan melalui nomor handphone/WA 081360485758. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com