Petani Aceh Utara Mulai Menanam Padi Black Madras

AcehNews.net|ACEH UTARA – Petani di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mulai menanam padi jenis black madras. Jenis padi ini mulai popular di kalangan pertani di sana.

Padi black madras yang berada di Desa Ule Madon, Bungkah, Kabupaten Aceh Utara, memiliki daun yang berwarna ungu kecoklatan, bila dari jauh daun black madras ini terlihat seperti berwarna hitam.

Saat ini bibit padi black madras ini langsung di kirim dari Jepang, walaupun warna daunnya ungu, akan tetapi beras yang dihasilkan tetap putih, Selain itu black madras juga rendah lemak.

Petani black madras, Munawar Khalid  beberapa waktu lalu kepada AcehNews.net menjelaskan,”penanaman ini merupakan bahan percobaan, tidak hanya warna daun yang menarik berasnya juga rendah lemak”.

Pada awal penanaman bibit padi ini tampak hijau seperti biasa, akan tetapi setelah berjalan selama dua minggu, warna bibit padi akan berubah menjadi hitam saat disemaikan.

Masa panen dan perawatan padi black madras ini juga sama dengan padi lainnya. Saat ini petani black madras di Kabupaten Aceh Utara, sedang menanti masa panen, masyarakat yang penasaranpun mulai memesan beras  jenis varietas tersebut untuk dicoba.

Selain menarik karena berbeda dengan warna padi pada umumnya, sawah yang menanam padi hitam ini juga menarik perhatian setiap masyarakat yang melewati area tersebut. Padi jenis black madras ini juga terus terkenal di Aceh Utara.(try vanny)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com