Nelayan Aceh Diminta Waspada Gelombang Tinggi

BANDA ACEH – Nelayan di Aceh beberapa hari kedepan diminta untuk waspada gelombang tinggi yang melanda perairan Aceh. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh Besar memprakirakan ketinggian gelombang laut mencapai 2,5 hingga 4 meter.

“Memang dalam beberapa terakhir ini Banda Aceh khususnya dilanda hujan disertai angin kencang,” ujar Prakirawati BMKG Aceh, Wahyuni Rizkia kepada acehnews.net, Selasa (7/10).

Untuk itu, dia berharap agar nelayan  yang hendak melaut waspada dengan gelombang tinggi yang melanda daerah bagian Timur dan Utara perairan Kota Banda Aceh. Serta di perairan Sabang, Pulo Aceh, dan bagian Selatan, Banda Aceh.

Menurutnya, hujan yang disertai angin kencang yang bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 40 Kilometer/jam menyebabkan terjadinya gelombang tinggi. Gelombang tinggi ini menurut dia, akan terjadi hingga beberapa hari kedepan.

“Gelombang laut tingginya bisa mencapai 4 hingga 5meter. Ini disebabkan adanya siklon tropis di wilayah Philipina. Bertemunya awan konvergen dan mata udara. Dan adanya daerah tekanan di atas atmosfir Aceh,” jelas Wahyuni.

Gelombang tinggi yang disertai angin kencang dapat mengolengkan boat kecil, selain meminta nelayan agar waspada, BMKG Aceh juga mengingatkan pelayaran tentang kondisi tersebut. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com