Miris, Siswa SMA di Aceh Selatan Belajar di Lantai  

AcehNews.net| TAPAKTUAN – Kondisi fasilitas pendidikan di berbagai daerah masih sangat memprihatinkan. Di Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, puluhan siswa SMA Negeri 2 Samadua harus belajar di lantai karena sekolah tidak memiliki kursi dan meja.

Sudah 4 bulan ini, para siswa SMA Negeri 2 Samadua belajar di lantai. Tidak cuma siswa, para guru pun mengalami hal sama. Di dalam kelas tempat mereka mengajar, tidak ada kursi dan meja.

Siswa duduk di lantai dan menulis dengan menggunakan paha.|Ii Tarigan

Siswa duduk di lantai dan menulis dengan menggunakan paha.|Ii Tarigan

Pihak sekolah sudah berusaha meminjam meja maupun kursi bekas dari sekolah lain, namun belum mencukupi. Sebagian siswa terpaksa membuat meja sendiri karena tidak tahan harus menulis dengan membungkuk.

Bahkan, siswa kerap mengeluh merasa pegal-pegal saat proses belajar mengajar. Kondisi ini membuat siswa tidak nyaman dan sulit untuk berkonsentrasi.

Menurut Fitriyatul Adzmi, Rabu (12/10/2016), salah seorang siswa, meski tak ada meja dan kursi, mereka tetap semangat untuk belajar. Dia menyebut, bahkan ada beberapa siswa  yang menulis di atas paha.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan Martunis, mengatakan sudah menganggarkan pengadaan meja dan kursi sekolah pada 2016. Namun, realisasinya baru bisa dirasakan siswa di akhir tahun ini .(ii tarigan )

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com