Melancong ke Kaki Gunung Ie Su’um Aceh Besar

Desa Ie Su’um, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar yang terletak di kaki Gunung Meuh dengan sumber air panas dari Seulawah mempunyai sebuah objek wisata dengan nama yang sama Ie Su’um. Ie su’um dalam bahasa Indonesia artinya air panas.

Ohya, jarak antara Ie Su’um dengan Kota Banda Aceh hanya 35 kilometer. Dari jalan utama Krueng Raya menuju ke wisata Ie Su’um harus melewati pergunungan yang asri hingga sampai disana. Begitu sampai ke objek wisata ie suum sebelum masuk ada petugas yang mengambil tiket dari para pengunjung seharga Rp3 ribu per orang.

Begitu sampai ke Ie Su’um, maka pemandangan yang disuguhi adalah batu-batu yang tertata tidak merata dengan uap mengepul mengantarkan hawa panas yang melegakan.Saat penulis mengunjungi Ie Su’um beberapa waktu lalu, terdapat tiga kolam permanen khusus anak, dan dua kolam untuk pria, dan wanita (terpisah), serta mushalla yang masing-masing kolam terpisah.

Di sekitar objek wisata pegunungnan ini, Ie Su’um banyak masyarakat yang berjualan dan pada hari libur banyak orang yang mengunjungi tempat wisata ini, sekedar melepas lelah atau untuk berendam. Di tempat wisata yang disuguhi view alam ini, tersedia panti pijat Ie Su’um. Dimana panti pijat ini terdapat air panas yang dialirkan lewat saluran kecil yang mengeluarkan uap.

Ie Su’um, salah objek wisata andalan Pemkab Aceh Besar, namun sayang tempat yang seharusnya dijaga sama-sama kebersihannya ini, menjadi kurang terawat kebersihannya. Pengunjung setelah makan membiarkan sampah berserakan di kawasan objek wisata ini. Dan tidak sedikit dari pengunjung yang memiliki kebiasaan buruk lain yaitu merebus telur atau mie instan membuat bau tidak sedap di tempat ini.  (nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com