Mahasiswa UIN Lakukan Trauma Healing di Tangse  

BANDA ACEH – Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universita Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar aksi dukungan sosial dengan melakukan kegiatan praktek trauma healing sebagai wujud tanggap bencana terhadap anak-anak sekolah dasar di desa Peunalom, Tangse, Pidie, untuk mengurangi resiko trauma mereka akibat konflik dan bencana alam beberapa hari lalu.

Pada kegiatan tersebut mereka juga memberikan pendidikan kebencanaan Di dua sekolah dasar. SD Peunalom dan SD Ujong Peunalom 2, dan melatih para siswa agar siap siaga saat bencana alam tiba. Acara bakti sosial itu berlangsung satu hari yang diikuti sekitar 80 mahasiswa dan dipimpin dosen dari jurusan PMI, yang menginap di rumah warga.

Ketua Jurusan PMI T. Zuliadi mengatakan, pihak jurusan hanya memfokuskan untuk anak sekolah dasar saja, Karena mereka (siswa SD) sangat rentan terhadap masalah bencana. Sebut dia, dua tahun yang lalu terjadi banjir bandang yang besar di Tangse, Pidie yang menyisakan trauma terhadap anak-anak di sana.

Harapnya, semoga kegiatan sosialisasi kebencanaan ini bisa menjadi kegiatan tahunan. Dan nantinya akan mengunjungi daerah bencana  lain di Aceh. “Seluruh anak-anak di daerah bencNA harus bisa mengerti dan memahami pentingnya pendidikan kebencanaa ini, kalau tidak ada kita yang menjelaskan, maka mereka tidak mengerti tentang siaga bencana yang menimpa daerah mereka nanti,” tutupnya. (zuhri)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com