Lima Ide Terbaik Pelajar Aceh Akan Diproduksi

BANDA ACEHSebanyak 24 Siswa SMA yang berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar,  dan Pidie berkumpul di Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh-Sumut  untuk mengikuti “Present Forum” beberapa hari lalu.

“Ini merupakan salah satu rangkaian tahapan dalam program Aceh Documentary Junior, yaitu competisi ide cerita film dari para pelajar tingkat SMA dan selanjutnya akan  dipilih 5 ide terbaik untuk diproduksi,”  demikian ungkap Arziqi Mahlil selaku Koordinator Program Aceh Documentary Junior.

Sebelumnya Melaui tema “Pelajar Juga Bisa” Aceh documentary telah memberikan pelatihan kepada 24 Siswa yang berasal dari dari Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie. ke-24 Siswa tersebut kemudian tergabung dalam 12 tim dipersilahkan kembali kedaerah masing-masing guna melakukan riset ide film.

Selanjutnya ide film yang telah mereka riset di daerang masing-masing selama sepekan terakhir akan dipresentasikan didepan dewan juri, dan dewan juri akan menyeleksi lima ide cerita terbaik yang nantinya akan difasilitasi oleh Aceh Documentary dari proses Shooting hingga Editing.

Dua belas ide film tersebut mengangkat berbagai isu unik disekitar mereka dan telah mereka kemas kedalam bentuk sipnosis, Mereka mengangkat berbagai isu mulai dari isu Sosial, budaya dan ekomomi.

“Semua ide yang telah kami terima memiliki sudut pandang yang menarik, namun untuk keputusan Ide mana yang akan kita produksi tergantung bagaimana mereka meyakinkan dewan juri bahwa ide mereka akan memberi efek positif dimasyarakat,” ujar Direktur Aceh Documentary, Faisal Ilyas.

Dari total 12 ide cerita film yang dipresentasikan dihadapan dewan juri akhirnya terpilih lima ide cerita terbaik yang akan diproduksi. (kesia/rilis)

Berikut nama-nama Finalis dan judulnya:

  1. Selimut Panas (Barak Bakoi), Nur hayatul Ulvah & Nindi Mutiara (MAN Model 1 Banda Aceh)
  2. Peuniyoh (Rumoh Aceh), Irza Ulya & Aban Al-Hafi (MAN 1 Sigli)
  3. Seulangkot ( Kejeuren Blang) sebelumnya kakashi van aceh Sandy Vrianda & Azizsta Luhur Wicaksono (MAN Model 1 Banda Aceh)
  4. Pelajar Muda Dan Naskah Tua, Irza Ulya & Al Hafi ( MAN 1 Sigli )
  5. Cerita Sang Penari, Gerry Alidin & M.Rafi Akbar (SMA 2 Banda Aceh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *