Konsultasi Gratis
Kesadaran Masyarakat untuk Konseling Mulai Tumbuh

BANDA ACEH – Kesadaran masyarakat Aceh untuk melakukan konseling atas segala permasalahan yang dihadapi, baik persoalan rumah tangga, remaja, Keluarga Berencana, perkembangan balita/anak, dan lansia, mulai tumbuh. Berkat pelayanan konseling gratis yang diberikan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (Kabid KSPK) Perwakilan BkkbN Aceh, Faridah Abubakar SE MM pada penutupan Workshop Bagi Petugas PPKS Tingkat kabupaten/kota yang diselenggarakan sejak 17 hingga 19 Oktober 2014 di Hotel Grand Aceh di Banda Aceh menyebutkan, sekarang ini Aceh telah memiliki tiga PPKS. Rincinya dua berada di Kota Banda Aceh dan satu lagi di Kota Meulaboh, Aceh Barat.

“Kedepannya, kami berharap PPKS akan hadir di setiap kabupaten/kota di Aceh. Sebagaimana harapan Kepala Perwakilan BkkbN Aceh yang juga berharap Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera ini bisa hadir ditingkat kecamatan,” kata Faridah.

Menurut Faridah, dengan bertambahnya jumlah PPKS di kabupaten/kota di Aceh untuk menjadikan konseling sebagai gaya hidup bisa terwujud. Apalagi kata dia, angka kunjungan ke PPKS semakin meningkat. Menurutnya ini membuktikan kalau kesadaran masyarakat untuk membudidayakan konseling mulai tumbuh dan meningkat.

“Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk membantu mempercepat kehadiran PPKS di daerahnya. Karena pelayanan konseling gratis yang diberikan kepada masyarakat sangat membantu memberi solusi kepada masyarakat atas permasalahan yang dihadapinya,” tutur Faridah.

Sementara itu, Ketua PPKS Bungong Kupula, Emi Hartini SKM mengatakan, sejak keberadaan PPKS di Kota Meulaboh, Aceh Barat pada12 Desember 2013, pihaknya sudah menangani sekitar 60 masyarakat yang berkonsultasi. Menurutnya jumlah ini terus bertambah seiring dengan gencarnya petugas mereka melakukan sosialisasi di kecamatan hingga pedesaan.

“Kami sekarang ini menjemput bola, mensosialisasikan PPKS kepada masyarakat, ternyata sambutannya luar biasa. Tetapi tak dipungkiri, meski masih ada masyarakat yang masih malu-malu untuk datang langsung konseling. Ya kalau mereka malu kami membuka layanan via phone jadi bisa menggunakan via pelayanan tersebut,” ujarnya.

Konsultasi Gratis

PPKS Bungong Jeumpa Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Provinsi Aceh  yang beralamat di Jalan Prada Utama, Gampong Prada, Kecamatan Syiah Kuala, PPKS Kota Madani yang terletak di Kantor PP dan KB, Banda Aceh, dan PPKS Kupula, lokasi di Komplek Kantor Bupati Aceh Barat, memberi pelayanan konseling gratis kepada masyarakat Aceh.

Ada delapan jenis pelayanan yang diberikan dengan konselor dan psikolog profesional dibidangnya masing-masing, yaitu pelayanan Informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), konseling keluarga remaja dan remaja, konseling pranikah, konseling keluarga balita dan anak, konseling KB dan Kesehatan Reproduksi (KR), konseling keluarga lansia dan lansia, pembinaan Usaha Ekonomi Produktif kelompok UPPKS, dan konseling khusus keluarga (Married Counseling). (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com