Peringatan BMKG,
Ini Beberapa Wilayah di Aceh Akan Dilanda Hujan Petir

BANDA ACEH | AcehNews.net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh, Sabtu (07/10/2017) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat, agar berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Aceh yang diprakirakan akan terjadi hujan petir beberapa hari ini.

BMKG merilis, sejumlah wilayah di Aceh yang akan dilanda hujan yang disertai petir pada siang hari, pada Minggu (08/10/2017) yaitu, Bireuen, Lhokseumawe, Lhoksukon (Aceh Utara), Idi Rayeuk (Aceh Timur), Langsa, Karang Baru (Aceh Tamiang), Simpang Tiga Redelong (Bener Meriah), Takengon (Aceh Tengah), Blangkejeren (Gayo Lues), dan Kutacane (Aceh Tenggara).

“Kami menghimbau kepada masyarakat, agar waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir di wilayah Aceh bagian Tengah, Utara, Timur dan Selatan yang terjadi pada siang atau sore hari,” ujar prakirawan, Rahmad Tauladani, M.Si.

Cuaca buruk ini kata Rahmad, diprakirakan akan terjadi Minggu (08/10/2017). Dia menyarankan agar masyarakat sebaiknya mengurangi aktifitas saat di luar rumah dan tidak berada di lapangan terbuka. Hindari juga berenang di saat hujan petir, serta hindari berlindung di bawah pohon. Jika berada di dalam rumah, sarannya agar mencabut cok listrik dan mematikan alat elektronik.

“Sebaikanya jauhi tiang atau menara yang tinggi dan mudah tersambar petir. Jangan terlalu dekat dengan orang lain. Jaga jarak minimal 4 meter agar tidak terjadi penyaluran energy,” demikian sarannya lagi. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com