dr. M. Yani, Putra Aceh Pertama Yang Menjadi Deputi di BKKBN Pusat

JAKARTA | AcehNews.net – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK dilantik dan diangkat sebagai Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia, dr. Surya Chandra Surapaty, MPH.PhD di Auditorium, pada 22 September 2017 lalu di Jakarta. Dokter M. Yani merupakan putra Aceh pertama yang menduduki jabatan sebagai deputi di jajaran setara dengan kementerian tersebut.

Pakar Kesehatan Keluarga yang belum lagi setahun menjabat sebagai Kaper BKKBN Aceh ini dilantik bersama tiga pejabat lainnya, yaitu Prof. drh. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep.Sc. PhD, sebagai Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan, dr Abidinsyah Siregar yang dulu menjabat sebagai Deputi Advokasi Penggerakan dan Informasi, kini menjabat sebagai fungsional Widyaiswara, dan Komari, SH, MH sebagai Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Pemerintah.

Dalam pidatonya, Surya Chandra mengatakan, pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Ahli Fungsional Ahli Utama, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan BKKBN yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya hari ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Mutasi, dan promosi adalah bagian dari manajemen PNS.

“Mutasi dan promosi merupakan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan karier pegawai. Selain itu pelaksanaan mutasi hari ini merupakan upaya penataan kembali para pejabat sesuai dengan kebutuhan organisasi yang penempatannya sesuai kualifikasi dan kompetensi, untuk mengisi jabatan yang kosong karena ditinggalkan oleh pejabat yang lama,” tegas Surya Chandra.

Lanjutnya, pembenahan dan pemantapan organisasi dilakukan dalam rangka percepatan pencapaian program KKBPK, peningkatan kinerja, penyelenggaraan tugas, dan pelayanan yang optimal. Untuk itu, katanya lagi, pertimbangan utama dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kualifikasi, kompetensi, kinerja, komitmen terhadap tugas, dan tanggungjawab kepada negara. Oleh karena itu Surya Chandra berharap setiap pejabat memiliki kemampuan dan kemauan merumuskan, merencanakan, dan melaksanakan kebijakan dengan baik di dalam menjalankan roda penggerak organisasi.

“Deputi Bidang KS-PK, agar segera mungkin menyempurnakan konsep pelaksanaan revolusi mental dalam keluarga dengan memperkaya konsep menjadi orangtua hebat, memperkuat implementasi program orangtua hebat dalam menanggulangi stanting, serta melaksanakan program percepatan pembangunan Papua melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” pesannya kepada dr M. Yani yang telah diamanahkan menjabat jabatan tersebut.

Selain itu, Surya Chandra juga menegaskan kepada pejabat di jajarannya agar program dari Presiden Jokowi, Kampung KB, supaya menjadi program prioritas dan harus menjadi perhatian oleh seluruh unsur di BKKBN.

Sementara itu dr. M. Yani usai dilantik bersama tiga pejabat lainnya mengatakan, jabatan yang disandangnya ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya. Sedangkan mengenai pesan yang disampaikan Kepala BKKBN RI kepadanya sebagai Deputi Bidang KS-PK, dr. M. Yani menegaskan, “Saya akan sesegera mungkin melaksanakan amanah tersebut”. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com