Debbie Silviana, Harumkan Nama Aceh di Tingkat Nasional

BANDA ACEH – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) menggelar pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Putra dan Putri Tingkat Nasional 2014 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Jum’at (3/10) malam. Debbie Silviana, Duta Mahasiswa GenRe Aceh meraih Juara Harapan 2 putri pada pemilihan tersebut.

Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014 Tingkat Nasional diikuti 66 peserta putra dan putri dari 33 provinsi di Indonesia. Dari Aceh putra diwakili Ichwan Hassafa dan putri diwakili Debbie Silviana. Keduanya terpilih menjadi Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014 pada April lalu.

“Pas juri menyebutkan nama Debbie Juara Harapan 2 putrinya, sempat kaget juga. Soalnya kan persaingannya ketat banget. Alhamdulillah berkat doa dari teman-teman dan masyarakat Aceh, Debbie bisa masuk 10 besar dan kemudian lima besar,” kata mahasiswa semester lima Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh yang baru tiba kembali di Banda Aceh.

Debbie Silviana kembali mengharumkan nama Aceh di ajang Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014. Sebelumnya Pinka Satria Aqsa meraih juara Favorit pada 2013 dan Rahmat Nazillah meraih juara 3 untuk putra pada 2012.

Dara kelahiran Meulaboh, 4 Agustus 1994 ini mengaku sempat kaget ketika juri mengajukan pertanyaan tentang perbedaan Pilkada langsung dan tidak langsung. Serta meminta tanggapannya tentang isu yang sedang hangat diberitakan diberbagai media di Indonesia tersebut.

“Sempat ngeblank juga sih. Kirain ditanya soal Generasi Berencana. Tapi Alhamdulillah Debbie bisa menjawabnya,” tuturnya malu-malu kepada acehnews.net, Rabu (8/10) di Banda Aceh.

Sebagai Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014 yang telah mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional, Debbie berharap bisa menjadi inspirasi buat teman-teman di kampusnya dan juga buat remaja Aceh.

“Debbie ingin menjadi konselor teman sebaya dan mengajak remaja Aceh berkontribusi menjadi remaja yang sehat, cerdas, ceria, dan sehingga menjadi generasi muda yang berencana,” pungkasnya mengakhiri percakapan dengan acehnews.net disela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Aceh.

Tahun ini, Duta Mahasiswa GenRe yang berhak mendapatkan Piala Ibu Negara adalah Raimond Chrisna Noya (putra) dari Universitas Pattimura, Maluku dan Novena Sumampouw (putri) dari Universitas Samratulangi Manado, Sulawesi Utara.

Sedangkan Juara 2 putra diraih Nordianto dari Kalimantan Barat dan putri diraih Katrin Wokanubun dari Maluku. Juara 3 putra diraih Syongten G.R I Hindom Rohrohmana dari Papua dan putri diraih Andini Asmarani dari Sulawesi Tengah.

Sementara Harapan 1 putra diraih Abizar Dibagja  dari DKI dan putri diraih Ninanda Widakto dari DKI. Harapan 2 putra diraih Krisna Aditya Wilantara Yusuf dari Jambi dan putri diraih Debbie Silviana dari Aceh. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com