Bale Inong Diminta Rumuskan Program Penguatan Akidah  

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal SE meminta kepada pengurus  Balee Inong yang ada di Kota Banda Aceh agar  pada 2015, sasaran kegiatannya lebih difokuskan pada upaya penguatan akidah Islam di tengah masyarakat ketimbang memikirkan pembangunan sarana fisik.

Hal itu disampaikan Walikota saat membuka secara resmi kegiatan pra Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena) tingkat Balee Inong yang dilaksanakan di Masjid Ie Masen Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh Rabu (7/1).

Keinginan tersebut  Illiza sampaikan kepada pengurus 18 Balee Inong yang ada di Banda Aceh karena melihat  akhir-akhir ini kembali marak terjadi usaha pendangkalan akidah di Kota Banda Aceh.

“Saya minta ibu-ibu di Balee Inong dapat memberikan masukan atau ide-ide terkait penguatan akidah Islam di gampong masing-masing pada 2015 ini,” tegas Illiza.

Menurut walikota kegiatan penguatan akidah di tengah masyarakat saat ini perlu dilakukan. Hal itu kata dia sebagai upaya penyeimbang atau sinkronisasi  antara pembangunan infrastruktur dengan pondasi keimanan warga.

“Infrastruktur kan telah ada, sekarang saya kira perlu upaya penguatan dan pemahaman akidah Islam di tengah masyarakat,” lanjut Illiza.

Illiza menambahkan selama ini dengan adanya Balee Inong kiprah perempuan di Kota Banda Aceh telah menunjukkan kontribusi positif dan beberapa out put penting bagi pembangunan  keluarga, lingkungan, masyarakat, dan Kota.

Sebelumnya Direktur Woman Development Centre (WDC) Kota Banda Aceh, Kusmiati mengatakan, kegiatan pra Musrena ini sudah dilakukan selama 2 tahun. Kegiatan ini katanya setingkat dengan musrenbang desa.

Kegiatan pra musrena ini kata dia bertujuan untuk menjaring aspirasi kaum perempuan yang ada di tiap Balee Inong untuk selanjutnya dimusyawarahkan di tingkat kecamatan. Dalam Musrena tersebut peran serta kaum perempuan sangat diharapkan dalam menyuarakan aspirasinya untuk membangun wilayah gampong di Kota Banda Aceh.

Saat ini sebut dia, terdapat 18 Balee Inong yang tersebar di 90 gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh. Kata dia semua program yang ada di Balee Inong akan di share ke para keuchik di seluruh gampong agar program berjalan dengan baik.

Hadir pada acara itu Kepala Kantor PPKB Kota Banda Aceh, Sekcam Ulee Kareng, Direktur WDC, para Keuchik, Tokoh masyarakat, para ketua, dan anggota Balee Inong. (zoel m)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com