Aparatur Aceh Tengah Diminta Serius Tingkatkan Pelayanan Publik

AcehNews.net | TAKENGON – Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Aceh Tengah diminta terus meningkatkan kinerja mereka dalam memberi pelayanan kepada public, seiring dengan semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat.

“Setiap aparatur di daerah, harus memahami bahwa kepercayaan publik sangat besar untuk Pemerintah Daerah dalam mengelola penyelenggaraan pemerintahan, maka itu tingkatkan pelayanan kepada publik,” tegas Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Tengah Drs. Mursyid, M.Si, ketika bertindak sebagai pembina apel Senin pagi dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Senin (22/01/2017).

Pada kesempatan itu,  Mursyid juga menekankan komitmen ASN perlu terus dikuatkan untuk tetap menjaga kepercayaan dari masyarakat, termasuk dengan dibentuknya Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di daerah itu.

Dibentuknya Tim Saber Pungli Kabupaten Aceh Tengah pada beberapa hari yang lalu, menurut Mursyid mengharuskan setiap aparatur harus meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat yang bebas praktek pungli.

“Kita telah sama-sama berkomitmen untuk meninggalkan segala bentuk praktek Pungli, jangan ada anggapan dari bawahan, bahwa kami sebagai atasan mengharapkan upeti dari bawahan. Bekerjalah dengan baik sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku,” tegas lagi.

Menurutnya, pencapaian keberhasilan dalam melaksanakan tugas dilandasi niat yang tulus untuk melakukan perubahan kehidupan masyarakat yang lebih baik merupakan salah satu bentuk pengabdian aparatur pemerintah.

“Kita harus bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga kepercayaan yang besar masyarakat dapat kita raih. Kepercayaan yang besar dari masyarakat merupakan hal sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi pemerintahan,” demikian kata Mursyid.

Salah seorang PNS di jajaran Pemkab Aceh Tengah yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, yang ditegaskan Asisten Bidang Pemerintahan itu adalah hal yang wajar. Menurutnya sebagai aparatur negara tugasnya memberi pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarkat. Meski tidak dipungkirinya ada juga aparatur yang tidak kurang memahaminya fungsinya sebagai “pelayan” yang melayani masyarakat.

“Kek saya ini kan PNS pemerintah, satu sisi saya aparatur negara yang memberi pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya. Sebagai masyarakat juga saya pasti berharap kinerja aparatur lebih baik lagi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, tepat, dan tanpa pungli tentunya,” tuturnya.

Tampak serta dalam apel Senin pagi itu, Asisten Adm Pembangunan, Amir Hamzah dan Asisten Adm Umum, Subhandy. (emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com