1000 Anak di Aceh Tengah Meriahkan CTPS  

TAKENGON  – Sekira 1000 anak dari 17 sekolah dasar di Kabupaten Aceh Tengah memeriahkan acara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang diselenggarakan di Lapangan Setdakab Rabu (15/10). Kampanye yang diperingati seluruh dunia ini bertujuan untuk membiasakan anak mencuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan.

Acara yang  mengambil tema “Tangan Bersih, Generasi Sehat” dihadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, Kasdim 0106/Aceh Tengah, Wakapolres, Ketua Mahkamah Syar’ah , dan serta Kepala Dinas Kesehatan.

Direktur Operasi Save The Children, Marmagilan menghimbau kepada anak-anak dan masyarakat dataran tinggi Gayo untuk menjaga kebersihan, termasuk dengan mencuci tangan pakai sabun. Pria keturunan Tamil ini tidak lupa mengingatkan agar masyarakat peka terhadap angka kematian akbiat penyakit diare karena tidak mencuci tangan dengan baik.

“Mari membiasakan kepada anak-anak untuk mencuci tangan pakai sabun, diikutkan dengan himbauan bagi para orang tua agar tangan bersih keluarga sehat”, ujarnya.

Lebih jauh, dengan rinci Marmagilan memaparkan fakta terkini tentang perilaku hidup sehat masyarakat Indonesia yang ia nilai masih memprihatinkan. Karena menurut persentase kebersihan 20% masyarakat yang membiasakan prilaku mencuci tangan sedangkan 80% biasa-biasa saja.

Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan penyelenggarakan kompetisi dokter kecil yang telah dimulai pada tanggal 29-30 September 2014 lalu, di mana masing-masing Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Tengah mengikutsertakan sejumlah siswa berprestasi. Tahun ini juara umum peraih piala bergilir Dokter Kecil Terbaik diraih siswi SDN 6, Silih Nara. (emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com