10 Hektare Hutan di Mata Ie Dibakar, Polisi Amankan 3 Warga

JANTHO | AcehNews.net – Kebakaran hutan atau ilalang terjadi di Pegunungan Mata Ie, kawasan Gampong Lambaro Kueh, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Jumat sore (05/1/2018) sekira pukul 18.00 WIB. Hingga tadi malam, api tampak masih muncul dan menyebabkan timbulnya kabut di wilayah sekitar. 

Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Suprihasto mengatakan, kebakaran disebabkan karena adanya pelaku yang membakar rumput, sehingga terbakar dan api merambat ke seluruh lahan ilalang seluas lebih kurang 10 hektare. 

“Para pelaku diketahui warga dan diamankan, selanjutnya diserahkan ke Polsek Lhoknga,” ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (06/01/2018).

Dijelaskannya, para pelaku tersebut yakni MJ (37), IS (38) dan NS (43). Ketiganya diketahui sebagai warga Gampong Ulee Tui, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar. 

“Sekira pukul 17.00 WIB, ketiganya naik gunung untuk potong rumput untuk hewan ternaknya di lokasi. Setelah selesai potong rumput, pelaku membakar padang ilalang yang diakui untuk membuka lahan,” jelas Kapolres. 

Lanjutnya, hingga Jumat malam api tampak belum padam hingga radius tiga kilometer. “Hari ini, Sabtu (06/01/2018), api yang membakar padang ilalang tersebut sudah padam. Ketiganya saat ini masih diperiksa dan diproses lebih lanjut,” demikian jelas AKBP Heru Suprihasto. (hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com