Zona Covid-19 di Aceh, Banda Aceh Kini Oranye, Singkil Malah Jadi Merah

BANDA ACEH | AcehNews. Net — Meski Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh telah diperpanjang dari 21 hingga 25 Juli 2021 mendatang, dan sudah dua pekan berturut-turut berada zona merah, namun kini, Rabu (21/7/2021), sudah menjadi zona oranye atau zona risiko sedang penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan Jubir Satgas Covid19 Aceh, Saifullah Abdulgani,kepada AcehNews.net, Rabu malam (21/7/2021), di Banda Aceh. Pria yang akrab disapa SAG ini juga mengatakan, meski awalnya Banda Aceh berada di level 4, namun kini turun menjadi level 3.

PPKM Mikro Banda Aceh pada level 3, jelas SAG, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 23 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Covid-19, dan tindaklanjuti dengan Instruksi Gubernur Aceh No. 14/INSTR/2021 yang bertarikh 21 Juli 2021.

Kemudian SAG mengatakan, sejumlah kabupaten/kota juga berhasil mengoreksi Peta Zonasi Risiko Covid-19 daerahnya. Pidie Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, dan Aceh Selatan, yang sebelumnya zona oranye kini menjadi zona kuning. Sementara Aceh Tenggara, Bener Meriah, Bireuen, Simeulue, dan Subulussalam, masih bertahan sebagai zona kuning.

Namun demikian, lanjut SAG, semangat masyarakat melawan serangan virus corona dan penyakit ta’en Covid-19 harus tetap berkobar. Sebut SAG, ada 13 kabupaten/kota di Aceh masih zona oranye. Selain Banda Aceh, juga Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Gayo Lues, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya, dan Aceh Barat.

Bahkan, katanya, Aceh Singkil yang sudah cukup lama bertahan sebagai zona oranye kini menjadi satu-satunya kabupaten zona merah di Aceh. Zona merah, jelasnya, zona risiko tinggi penyebaran virus corona dan peningkatan kasus Covid-19. Ia berharao pemerintah dan semua elemen masyarakat terus berkolaborasi agar peta zonasi ini segera terkoreksi.

“Kita semua masih harus bekerja keras menerapkan protokol kesehatan dan melakukan testing, tracing, dan treatment, agar Wilayah Aceh segera menjadi zona hijau,” demikian harap SAG.

Penanganan Pandemi Covid-19 di Aceh kian membaik. Banda Aceh yang sebelumnya zona merah kini menjadi oranye. Zona kuning pun kian meluas dari enam menjadi sembilan kabupaten/kota di Aceh. Sementara kasus baru bertambah 51 orang, 36 pasien sembuh, dan empat orang meninggal dunia.

“Penanganan Pandemi Covid-19 di Aceh kian membaik dapat dilihat dari Peta Zonasi Risiko Covid-19 hasil analisis data periode 12 hingga 18 Juli 2021 oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional,” demikian pungkas SAG.

Seperti biasa, SAG melaporkan, kasus Covid-19 di Aceh secara akumulatif telah mencapai 21.058 orang, per 21 Juli 2021. Jumlah penderita yang sedang dirawat sebanyak 3.885 orang. Para penyintas Covid-19, (penderita yang sembuh) sebanyak 16.244 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 929 orang. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *