Yuk Mom! Biasakan Anak Makan Ikan Biar Otak Cerdas

AcehNews.net – Tidak semua anak menyukai ikan karena baunya amis. Padahal ikan merupakan salah satu jenis makanan yang wajib diberikan orangtua untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Ikan kaya akan protein dan Omega3 yang bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Bahkan berdasarkan studi terbaru, sebagaimana yang dilansir halodoc.com, anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali dalam seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak yang jarang makan ikan.

Kok bisa ya?! Menurut para ahli dalam satu ekor ikan dapat mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, lemak, Omega-3, vitamin, dan mineral.

Artikel yang diterbitkan tirto.id pada 27 Januari 2022, memaparkan bahwa omega-3 sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak. Kandungan omega-3 paling banyak ditemui pada ikan laut, misalnya ikan salmon dan kakap merah.Sedangkan ikan air tawar yang mengandung omega-3 tinggi ditemukan pada ikan lele dan gabus.

Sementara itu dikutip AcehNews.net masih tirto.id, ikan tidak saja mencerdaskan otak pada anak masa pertumbuhan, tetapi juga mampu membantu meredakan gejala depresi dan demensia pada lansia.

Selain itu, dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Nah, ikan apa saja yang kaya protein dan Omega-3 yang baik diberikan kepada anak untuk perkembangan kecerdasan otaknya.

1. Salmon
Dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3 yaitu kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi anak. Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan salmon, seperti zinc, zat besi, niasin, vitamin B12 dan vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

2. Bandeng
Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang murah meriah namun memiliki banyak gizi. Tidak hanya mengandung kalori, protein, dan lemak, bandeng juga mengandung asam lemak Omega-3 yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan Omega-3 di dalam ikan bandeng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu agar Si Kecil memiliki penglihatan yang lebih baik lagi.

3. Cakalang
Cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang berprotein tinggi. Kandungan protein ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sering memberi anak makan ikan cakalang akan berdampak positif bagi kecerdasan otaknya nanti. Selain itu, ikan cakalang juga dapat meningkatkan daya ingat anak, lho. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalamnya.

4. Ekor Kuning
Selain kaya akan protein, ikan ekor kuning juga kaya akan Omega-3 dan Omega-6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak. Ikan ini sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

5. Tuna
Ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Ibu bisa memberikan ikan salmon pada anak sejak ia sudah bisa diberi makanan pendamping ASI agar perkembangan otaknya lebih optimal. Selain Omega-3, tuna juga kaya akan nutrisi esensial seperti DHA, fosfor, kalium, magnesium, dan vitamin B6.

6. Kembung
Ikan yang punya rasa yang enak, mudah ditemukan di mana saja dan harganya ekonomis ini ternyata kaya akan nutrisi, lho. Ikan kembung kaya akan DHA dan Omega 3. Dalam satu ons ikan kembung terdapat sekitar 2,6 gram Omega-3. Bila Si Kecil berusia di bawah 6 tahun, berikan ia ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggunya, agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas.

7.Lele
Ikan lele meskipun harganya murah dan mudah didapatkan, dalam satu ekor ikan lele dapat mengandung 220 mg asam lemak Omega-3 dan 875 mg asam lemak Omega-6.
Kandungan gizi dalam ikan lele dipercaya mampu membantu perkembangan otak dan mencegah peradangan.

8.Teri
Dalam 100 gram ikan teri kering tawar, terdapat kandungan 2.381 mg kalsium dan 1.500 mg fosfor yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

9.Ikan Tenggiri
Dalam 100 gram ikan tenggiri mengandung 21,4 gram protein, 2,3 gram lemak, 33 mg kolesterol, dan 0,9 mg zat besi. Ikan tenggiri juga mengandung koenzim Q10 berguna untuk melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

Nutrisi dalam ikan didapatkan dengan maksimal apabila cara memasak dan mengolahnya secara benar. Ahli Gizi dari UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, sebagaimana dituliskan tirto.id, mengatakan, meskipun memililki kandungan Omega-3 yang tinggi, tetapi pengolahan ikan yang kurang sehat dapat menurunkan manfaat ikan.

Nah, sebaiknya hal ini juga menjadi perhatian mom. Agar si kecil menyukai ikan dan gemar memakannya. (San/dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *