Warga Tionghoa Aceh Rayakan Imlek 2566

BANDA ACEH – Warga Aceh keturunan etnis Tionghoa menyambut tahun baru Imlek di Vihara Darma Bhakti, Banda Aceh, Kamis (19/2/2015). Pergantian tahun  2566 ini bertepatan dengan shio kambing kayu.

Serangkaian acara tersebut dimulai sejak pukul 12.00 tadi malam. Warga (Tionghoa) sudah mulai ramai melakukan ritual sembahyang dan berdoa di dalam vihara yang ada di Banda Aceh.

Salah seorang jemaat yang mendatangi Vihara Darma Bhakti, kepada Acehnews.net mengatakan, ritual ini sudah di mulai sejak pukul 12 semalam, hingga sore ini. “Hari ini warga kami juga pergi bertamu ke rumah keluarga atau saudara,” jelas Lienfa.

Ruddi Ahok, yang juga salah seorang Tionghoa asal Medan, dan kini telah menetap di Aceh selama delapan tahun. Ia mengatakan tahun ini pengunjung lebih ramai dari pada tahun sebelum, bahkan pendatang pun juga ada.

Ia juga menyebutkan bahwa masyarakat Aceh sangat toleran dalam menghargai agama lain. Saya sengat senang tinggal di sini. “Begitu pun juga dengan kami, setiap ada acara peringatan yang di lakukan orang Aceh. Kami selalu menghormatinya,” katanya.

Tidak hanya itu, masyarakat sekitaran Kota Banda Aceh juga ramai mendatangi vihara tersebut, melihat dari dekat perayaan agama Budha dan berbagai macam atraksi seperti Barongsai. Salah seorang warga asal Aceh Besar ini mengaku,  tertarik karena unik dan hanya dirayakan pada setahun sekali.

“Saya tidak takut datang ke sini, karena Aceh ini kan toleransinya bagus. Di sana juga banyak masyarakat Aceh yang melihat Barongsai, dan saya pun pergi bersama teman,” kata Abdur sambil tersenyum. (zuhri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *